Miliarder Ini Berupaya Keras Agar Disney Tak Untung di China

Kompas.com - 25/05/2016, 11:00 WIB
|
EditorAprillia Ika

BEIJING, KOMPAS.com - Salah satu orang terkaya di China menyatakan akan merusak rencana besar Disney untuk membangun resor baru yang amat besar di negara tersebut.

Wang Jianlin, miliarder real estate dan industri hiburan, mengatakan perusahaannya ingin mencegah Disney meraup untung di China dalam 10 hingga 20 tahun mendatang.

Dalian Wanda Group milik Wang juga berkecimpung di bisnis taman hiburan. Dengan demikian, kerajaan bisnis Wang itu sama sekali tak senang dengan adanya Disneyland baru yang dibangun seharga 5 miliar dollar AS di Shanghai dan akan diresmikan bulan depan.

"Disney tidak boleh hadir di China. Prospek finansialnya tidak terlihat terlalu bagus bagi saya," ujar Wang dalam wawancara di sebuah stasiun televisi China.

Bagi Wang, iklim di Shanghai tidak cocok untuk taman hiburan terbuka. Ia menilai, Disney bakal membanderol harga tiket yang mahal dan ada risiko kehilangan konsumen.

Terkait hal ini, juru bicara Disney enggan berkomentar, dengan alasan pernyataan Wang tidak patut direspon.

Ia mengatakan, CEO Disney Bob Iger telah bertemu dengan Presiden Xi Jinping di Beijing dua pekan lalu.

Disney telah melakukan pembicaraan tentang pembangunan taman hiburan di Shanghai sejak pertengahan 2000-an.

Awalnya proyek taman hiburan ini akan dibuka pada akhir tahun 2015 lalu, namun masalah konstruksi dan perubahan desain membuatnya molor.

Taman hiburan dan resor menyumbang lebih dari 16 miliar pendapatan Disney tahun 2015. Dengan demikian, lini bisnis ini adalah terbesar kedua bagi Disney setelah televisi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber CNN Money
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.