Kemendesa Alokasikan 90 persen Anggaran untuk Program Strategis

Kompas.com - 08/06/2016, 16:40 WIB
Mengukuhkan pengurus 278 BUMDes di Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, Minggu (22/5/2016) dok Kementerian DesaMengukuhkan pengurus 278 BUMDes di Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, Minggu (22/5/2016)
|
EditorM Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com – Untuk merealisasikan program-program prioritas, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Marwan Jafar melakukan refocusing anggaran secara radikal.

Hasil refocusing berhasil mengalokasikan 90 persen anggaran kementerian hanya untuk program-program strategis.

Refocusing tahun anggaran 2016 ini sangat mendasar. 90 persen alokasi anggaran dialokasikan untuk membiayai program strategis dan konkret, serta mendukung pencapaian kinerja kementerian, sedangkan biaya gaji dan dukungan birokrasi hanya 10 persen saja,” ujar Menteri Marwan dalam keterangan resminya, Rabu (8/6/2016).

Menteri Marwan memangkas beberapa anggaran secara signifikan, seperti biaya perjalanan, operasional, dan program-program yang belum menjadi prioritas pada tahun 2016.

“Kita benar-benar mengevaluasi anggaran yang benar-benar dibutuhkan dan yang tidak terlalu penting. Anggaran kita fokuskan pada program-program besar saja agar program berjalan secara maksimal dan tercapai,” ujarnya.

Menteri Marwan juga menetapkan kebijakan Tri Matra Pembangunan Desa, di antaranya Jaring Komunitas Wiradesa, Lumbung Ekonomi Desa, dan Lingkar Budaya Desa.

"Tri Matra Pembangunan Desa ini bertujuan untuk menjadi acuan pelaksanaan program dan anggaran secara lebih terfokus dan efisien," ujar Marwan.

“Pemanfaatan dana tersebut diorientasikan sebesar-besarnya bagi desa sebagaimana telah diatur dalam Peraturan Menteri Desa Nomor 21 Tahun 2015 tentang Penetapan Prioritas Penggunaan Dana Desa tahun 2016. Dana desa diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa,” ujarnya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X