Garuda Indonesia Layani 3 Rute Ini via Terminal 3 Ultimate

Kompas.com - 13/06/2016, 10:30 WIB
Suasana pengerjaan di area Terminal 3 Ultimate Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Jumat (3/6/2016). Terminal 3 Ultimate direncanakan beroperasi sebelum Lebaran tahun ini, dengan melayani penerbangan untuk maskapai Garuda Indonesia tujuan domestik dan internasional serta maskapai internasional lainnya. KOMPAS.com/ANDRI DONNAL PUTERASuasana pengerjaan di area Terminal 3 Ultimate Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Jumat (3/6/2016). Terminal 3 Ultimate direncanakan beroperasi sebelum Lebaran tahun ini, dengan melayani penerbangan untuk maskapai Garuda Indonesia tujuan domestik dan internasional serta maskapai internasional lainnya.
|
EditorAprillia Ika

TANGERANG, KOMPAS.com - Terminal 3 Ultimate Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang direncanakan dapat beroperasi pada 20 Juni 2016. Maskapai Garuda Indonesia akan menempati fasilitas terminal baru tersebut.

Vice President Ground Service Garuda Indonesia Pikri Ilham K menjelaskan, maskapai plat merah tersebut akan memindahkan 3 rute domestik dari Terminal 2F ke Terminal 3 Ultimate yaitu rute Jakarta-Yogyakarta, Jakarta-Solo, dan Jakarta-Semarang.

"Mungkin dengan 2-3 destinasi," ujar Pikri Ilham K, Vice President Ground Service Garuda Indonesia saat simulasi operasional Terminal 3 Ultimate, Bandara Soetta, Tanggerang, Minggu (12/6/2016).

Ketiga destinasi tersebut dipilih karena volume penerbangan yang relatif kecil dibandingkan penerbangan lainnya.

Pikri menilai, terlalu berisiko menempatkan penerbangan dengan volume yang padat saat operasional perdana.

"Kami lagi coba menghitung yang risikonya paling kecil, yang penerbangannya sedikit," ujarnya. Rencananya dalam pelayanan 3 destinasti tersebut Garuda akan membuka 5 counter check in dan membuka 3 pintu ruang tunggu menuju pesawat.

"Tiga destinasi, terdapat 23 penerbangan dalam sehari. Setidaknya ada sekitar 4.000 penumpang per hari yang menggunakan fasilitas Terminal 3 Ultimate," tambahnya.

Menurut dia, sebanyak 4.000 penumpang itu merupakan 25 persen dari kapasitas per hari 35.000 penumpang di terminal 2F. Melihat tahapan pembangunan Terminal 3 Ultimate yang belum selesai, dengan itu Garuda memindahkan operasional secara bertahap.

"Kalau semua belum ready dan pekerja masih banyak, kan hazard, bayangkan pekerja masih banyak, peralatan yang membahayakan masih banyak, kalau masif, pengamanannya bagaimana," jelas Pikri.

Kompas TV Terminal 3 Ultimate Siap Beroperasi Saat Lebaran
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.