Kompas.com - 16/07/2016, 13:00 WIB
Kompas TV Ledakan Bom Turki Target Bus Polisi?
|
EditorAprillia Ika

NEW YORK, KOMPAS.com - Harga emas melonjak naik setelah sebelumnya melemah pada perdagangan hari Jumat (15/7/2016) waktu setempat di New York, Amerika Serikat.

Penguatan harga emas tidak lain setelah pernyataan Perdana Menteri Turki Binali Yildirim yang menyatakan kelompok militer melakukan kudeta untuk menggulingkan pemerintah.

Harga emas dilaporkan naik 0,23 persen menjadi 1.337,73 dollar AS per ons. Sebelumnya, harga emas diperdagangkan pada harga 1.322 dollar AS per ons sesaat sebelum kudeta pecah.

"Harga emas melonjak 10 dollar AS lebin tinggi ketika jelas ada upaya kudeta di Turki," kata Tai Wong, direktur perdagangan logam mulia di BMO Capital Markets di New York.

Menurut Wong, kondisi harga emas tidak terlalu baik meski ada gejolak geopolitik dalam beberapa tahun terakhir.

Meski demikian, sentimen bisa berubah apabila ada ketidakstabilan di pemerintahan lainnya di kawasan.

Sekelompok elemen militer Turki mengumumkan telah menguasai negeri itu malam dan langsung memicu bentrokan berdarah di Istanbul dan Ankara.

Fotografer AFP melaporkan telah menyaksikan tentara menembaki warga yang berkumpul di dekat salah satu jembatan Selat Bosphorus di Istanbul.

Sementara itu, kantor berita Anadolu mengabarkan, gedung parlemen Turki di Ankara diserang dengan menggunakan bom.

Saat ini, belum jelas siapa yang menguasai negara anggota NATO yang strategis berpenduduk 80 juta orang itu, pada saat sejumlah tank bergerak di jalanan dan ledakan terdengar di dua kota terbesar Turki itu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Reuters
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.