Kompas.com - 21/07/2016, 20:27 WIB
|
EditorM Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) melaporkan laju inflasi Indeks Harga Konsumen (IHK) pada minggu pertama dan kedua bulan Juli 2016 mengalami peningkatan.

Meskipun demikian, bank sentral meyakini inflasi akan membaik pada akhir bulan Juli 2016.

Bank sentral memantau, inflasi pada minggu pertama Juli 2016 mencapai 1,2 persen secara bulanan (mtm). Sementara itu, inflasi pada minggu kedua Juli 2016 mencapai 1,128 persen.

"Inflasi pekan kedua Juli 2016 1,128 persen, ada perbaikan dibanding pekan pertama 1,2 persen (mtm). Memang masih cukup tinggi, tapi di pekan ketiga dan keempat akan lebih rendah lagi," kata Direktur Eksekutif Departemen Kebijakan Ekonomi dan Moneter BI Juda Agung di Jakarta, Kamis (21/7/2016).

Menurut Juda, meningkatnya inflasi pada minggu pertama dan kedua Juli 2016 disebabkan adanya kenaikan tarif angkutan umum, gangguan distribusi, dan kemacetan di ruas tol Brebes pada saat arus mudik hari raya Idul Fitri.

"Ini telah mempengaruhi harga-harga komoditas pangan seperti cabai sempat naik 32 persen di pekan pertama. Kami yakini minggu-minggu mendatang akan (turun) ke bawah," ungkap Juda.

Dengan kondisi tersebut, Juda menyatakan BI masih optimis bahwa inflasi tahun ini akan tetap berada pada kisaran sasaran inflasi yang dipatok bank sentral, yaitu 4 plus minus 1 persen.

"Perkembangan inflasi inti tersebut sejalan dengan masih terbatasnya permintaan domestik, menguatnya nilai tukar rupiah dan terkendalinya ekspektasi inflasi," jelas Juda.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.