"Fresh Graduate" Bisa Menabung Rp 1 Juta Per Bulan, Ini Caranya...

Kompas.com - 29/07/2016, 12:00 WIB
ilustrasi IDIVAilustrasi
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com — Bagi lulusan anyar atau fresh graduate, menabung bisa menjadi tugas berat. Dalam kondisi seperti ini, menabung merupakan sesuatu yang amat berat dilaksanakan.

Tentunya, hal ini karena belum memiliki pekerjaan tetap. Oleh sebab itu, menabung Rp 100.000 atau Rp 200.000 per bulan merupakan salah satu solusinya.

Itu sudah sebenarnya. Namun, bila Anda berniat memasang target menabung yang lebih tinggi pada 2016, maka Anda perlu melakukan beberapa hal lagi.

Tentunya, itu membutuhkan pengorbanan. Untuk merealisasikan ide Anda ini, maka Anda harus siap menjadi pribadi yang berpikir kreatif.

Terlebih lagi bila Anda memiliki keinginan bisa menabung Rp 1 juta setiap bulan. Status fresh graduate merupakan awal ketika Anda memulai karier.

Asumsinya, gaji Anda saat ini Rp 3 juta, bila Anda ingin menabung Rp 1 juta setiap bulan, maka Anda perlu melakukan beberapa hal ini:

1.    Tempat tinggal

Anda yang bekerja di kota yang sama dengan orang tua tidak perlu memikirkan hal ini. Anda bisa menumpang gratis di rumah orang tua Anda. Namun, bila Anda berada bukan di kampung halaman, maka Anda harus mengeluarkan uang ekstra untuk ngekos.


Ambil contohnya di Jakarta. Tarif kamar kos berfasilitas standar berkisar antara Rp 500.000 sampai Rp 1 juta. Kamar kos berfasilitas nyaman mulai dari Rp 1 juta hingga Rp 3 juta. Bila Anda harus ngekos, sedangkan gaji Anda di kisaran Rp 3 juta, lebih baik Anda memilih kamar kos di bawah Rp 1 juta.

2.    Bawa bekal

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X