Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kunjungi Kawasan Industri JIIPE, Menperin Sempat Tanyakan Asal Pasokan Air

Kompas.com - 04/08/2016, 17:31 WIB
Hamzah Arfah

Penulis

GRESIK, KOMPAS.com – Usai berkunjung ke proyek pembangunan Gresik Gas Cogeneration Plant (GGCP) milik PT Pupuk Indonesia (PI), Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto juga menyempatkan diri mengunjungi kawasan industri Java Integrated Industrial Port Estate (JIIPE), yang berada di Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik, Jawa Timur.

Dalam kunjungan ke JIIPE, Kamis (4/8/2016) siang WIB, Airlangga tak sekedar melihat keberlangsungan kawasan yang diperuntukkan untuk lahan industri tersebut. Namun ia juga sempat menanyakan asal pasokan air, yang digunakan untuk mencukupi keperluan industri yang ada di sana.

“JIIPE merupakan kawasan industri modern dan salah satu yang terbesar. Jadi dari mana dan berapa besar air untuk keperluan di JIIPE ini?” kata Airlangga, Kamis (4/8/2016).

Selain didampingi jajaran pengurus Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Gresik dan Jawa Timur, dalam kunjungannya ke JIIPE, Airlangga juga disambut secara langsung oleh Bupati Gresik Sambari Halim Radianto.

Mendapat pertanyaan seperti itu, Sambari lantas menuturkan, bila Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gresik, sudah memfasilitasi masalah pasokan air untuk kawasan industri JIIPE, dengan membangun Bendungan Gerak Sembayat.

“Untuk keperluan itu (pasokan air), kami akan siapkan pasokan 3000 liter per detik untuk keperluan JIIPE dari Bendungan Gerak Sembayat. Di mana saat ini, masterplan sudah selesai,” ujar Sambari.

Sementara itu, pengelola kawasan industri JIIPE menyatakan, jumlah investor yang menyasar kawasannya tercatat terus meningkat.

Dari yang semula hanya empat industri yang sedang membangun pabrik di sana pada saat peresmian Dermaga Terminal, pada awal tahun kemarin, kini total sudah ada tujuh perusahaan.

“Selain itu, sudah ada 12 perusahaan yang telah MoU (kesepakatan kerjasama) dengan kami, namun belum memulai pengerjaannya. Sedangkan PT Unichem Candi Indonesia, rencananya akan mulai beroperasi pada Februari 2017 mendatang,” ucap Direktur PT Usaha Era Pratama Nusantara anak usaha PT AKR Corporindo Tbk (AKRA), Koko Mathew Z.

PT AKRA merupakan pihak pengelola Kawasan Industri JIIPE, bersama dengan PT Pelindo III (Persero). Sementara selain PT Unichem Candi Indonesia, industri lain yang sedang membangun pabriknya dan bakal beroperasi dalam waktu dekat adalah, PT Clariant Indonesia, PT Tirta Bahagia, dan AKR Group.

Mendengar paparan dari Bupati Gresik dan pengelola kawasan, Menperin berharap, kawasan industri JIIPE ke depan bakal semakin diminati oleh investor, sehingga perkembangan ekonomi di Kabupaten Gresik dan sekitarnya akan menjadi lebih baik.

Kompas TV Ribuan Buruh Karawang Blokade Kawasan Industri

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com