Kemendag: MLM dan Waralaba Didorong "Online"

Kompas.com - 04/08/2016, 21:31 WIB
Shutterstock Selamat datang di bisnis e-commerce!

JAMBI, KOMPAS.com - Kementerian Perdagangan (Kemendag) menyebut perdagangan dengan sistem berjenjang (multi level marketing) dan waralaba didorong memanfaatkan secara online.

Saat ini, pemasaran melalui online akan menjadi trend  yang memungkinkan produsen bisa langsung berhubungan dengan pembelinya.

Sekjen Kementerian Perdagangan Sri Agustina menyatakan trend ekonomi digital akan menguat. Karena itu, pihaknya akan mendorong para wirausaha, utamanya pengusaha pemula untuk mulai mengikuti trend ekonomi digital, yakni memanfaatkan jejaring internet.

"Mendorong para wirausaha baru dan mendorong generasi muda untuk inovasi dan kreatifitasnya melalui sistem perdagangan baru, yakni perdagangan online," ujarnya saat membuka Pameran Pangan Nusa dan Pameran Produk Dalam Negeri, Kamis (4/8/2016).

Sri Agustina menyebutkan bahwa Kemendag akan melakukan pembinaan kepada pelaku usaha guna mulai mengimplementasikan sistem perdagangan alternatif, yakni perdagangan secara online.

Metode perdagangan secara online akan mampu memperpendek mata rantai distribusi. "Produk petani dan peternak segera sampai ke konsumen, kami mengedepankan perdagangan online," jelasnya.



EditorBambang Priyo Jatmiko

Close Ads X