Universitas-universitas Ini Paling Banyak Hasilkan Miliarder Kelas Dunia

Kompas.com - 19/08/2016, 08:16 WIB
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

NEW YORK, KOMPAS.com - Meski tidak menyelesaikan studinya di universitas, Mark Zuckerberg dan Bill Gates, keduanya kuliah di Harvard University, toh bisa kaya dan menjadi miliarder.

Sebuah studi mempublikasikan daftar universitas yang paling banyak menghasilkan para miliarder. Studi tersebut dilakukan oleh WealthInsight dan majalah Elite Traveler dengan cara membuat pemeringkatan universitas di seluruh dunia dari sisi seberapa banyak alumni miliarder yang telah dihasilkan.

Jawabannya, Harvard University berada pada peringkat pertama. Universitas Amerika Serikat mendominasi daftar tersebut, yakni 31 dari 50 universitas teratas penghasil miliarder.

Berada pada peringkat kedua dan ketiga masing-masing adalah University of Pennsylvania dan Stanford University, keduanya pun berlokasi di AS.

"AS memiliki lebih banyak miliarder dibandingkan negara manapun di dunia, sehingga bukan kejutan kalau melihat universitas-universitas Ivy League berada dalam daftar ini," ujar Oliver Williams, pimpinan WealthInsight seperti dikutip dari CNBC, Jumat (19/8/2016).

Stanford University yang berlokasi di negara bagian California memang tidak masuk dalam jajaran kampus top Ivy League. Namun, secara akademik Stanford disandingkan sejajar dengan kampus-kaus Ivy League.

"Dengan sebagian besar insititusi dalam daftar ini memiliki peringkat tinggi dalam hal akademik, maka ada bukti bahwa intelektualitas seringkali menghasilkan kekayaan. Ide-ide kewirausahaan ditanam dan diajarkan di kampus-kampus ini, sekaligus merupakan ladang subur perekrutan oleh korporasi-korporasi papan atas dunia," ungkap Williams.

Oxford University di Inggris berada pada urutan keempat. Sementara itu, Cambridge University yang juga merupakan universitas unggulan Inggris, berada pada peringkat 11.

University of California Berkeley juga merupakan universitas negeri teratas AS dalam hal menghasilkan miliarder. UC Berkeley berada dalam urutan kelima daftar itu.

Setelah AS, universitas-universitas di Inggris juga merupakan yang terbaik dalam menghasilkan miliarder. Sebanyak enam universitas Inggris masuk dalam daftar 50 kampus yang disusun WealthInsight tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber CNBC
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.