Gelontorkan Rp 130 Miliar, AP II Kembangkan Bandara Silangit

Kompas.com - 19/08/2016, 18:50 WIB
Bandara Silangit, yang berada di Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara. Melalui bandara ini dapat dilakukan penerbangan langsung ke Danau Toba. Bambang Jatmiko/Kompas.comBandara Silangit, yang berada di Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara. Melalui bandara ini dapat dilakukan penerbangan langsung ke Danau Toba.
|
EditorM Fajar Marta

TAPANULI UTARA, KOMPAS.com — Dalam mendukung potensi pariwisata Danau Toba, PT Angkasa Pura II (Persero) mengembangkan Bandar Udara (Bandara) Silangit, Tapanuli Utara, Sumatera Utara.

General Manager Bandara Kualanamu Iwan Krishadianto menjelaskan, Angkasa Pura II mengucurkan dana sebesar Rp 130 miliar untuk mengembangkan Bandara Silangit.

"Kalau untuk pengembangan terminalnya sendiri sekitar Rp 19 miliar, dan untuk overlay runway-nya Rp 41 miliar, nanti kita masih ada perpanjangan runway, dan lain sebagainya," ujar Iwan di Bandara Silangit, Tapanuli Utara, Jumat (19/8/2016).

Dalam mengembangkan terminal Bandara Silangit, AP II menargetkan pengerjaan itu selesai pada Desember 2016. Adapun untuk overlay terhadap runway akan selesai pada Maret 2017 dan perpanjangan runway keseluruhan akan selesai pada akhir 2018.

Sementara itu, saat ini Bandara Silangit memiliki runway atau landasan pacu sepanjang 2.400 meter dan lebar 30 meter. Pada tahap pertama, landasan akan diperpanjang menjadi 2.650 meter dengan lebar 45 meter.

Adapun kapasitas terminal akan dibesarkan hingga dapat menampung 100.000 penumpang per tahun dari saat ini yang hanya mampu menampung 35.000 penumpang per tahun.

"Jadi nanti kalau sudah selesai, pesawat jenis 737-800 sudah bisa mendarat di sini. Sekarang kan yang paling besar itu hanya 737-500," tambah Iwan.

Saat ini, okupasi penumpang Bandara Silangit sudah mencapai 15.000 orang per bulan. Maskapai yang sudah beroperasi di Bandara Silangit antara lain Garuda Indonesia, Sriwijaya Air, Wings Air, dan Susi Air.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X