Apa Saja Keuntungan "Fresh Graduate" Gunakan Kartu Kredit?

Kompas.com - 22/08/2016, 09:00 WIB
Uang tunai dan kartu kredit. KOMPAS.COM/FIRA ABDURACHMANUang tunai dan kartu kredit.
Penulis Aprillia Ika
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketika Anda lulus dari gelar mahasiswa maka masa transisi dari mahasiswa ke karyawan tidak semudah seperti yang dibayangkan karena segala urusan termasuk keuangan sudah harus diatur sebaik mungkin.

Kebiasaan ketika mahasiswa yang masih suka menghambur-hamburkan uang ada baiknya dikurangi semaksimal mungkin, karena posisi Anda sekarang bukan lagi mahasiswa tapi karyawan yang menopang kehidupan pribadi Anda sendiri.

Mengatur keuangan dengan kartu kredit mungkin adalah solusi yang perlu Anda pertimbangkan karena manfaat yang akan Anda dapatkan cukup besar.

Mindset tentang kartu kredit sebagian pembunuh keuangan perlu Anda hilangkan dari sekarang, karena kartu kredit sekarang memiliki sistem yang sangat bermanfaat,

1. Mudah memantau pengeluaran
Dengan menggunakan kartu kredit pengeluaran anda dapat terinci dengan baik. Setiap bulan Anda akan diberi statement atau tagihan, pada lembar tagihan akan tertulis secara rinci transaksi yang telah Anda lakukan, jadi Anda bisa terus mengevaluasi finansial Anda setiap bulan.

2. Kemudahan mengajukan kartu kredit
Ada beberapa bank yang memiliki kualifikasi nasabah yang dapat memiliki kartu kredit yakni yang telah bekerja beberapa tahun atau lama Anda bekerja.

Tapi itu dulu, sekarang kualifikasi tersebut sudah tidak berlaku, karena beberapa Bank mulai memperhitungkan kebutuhan kartu kredit untuk para fresh graduate.

3. Traveling makin mudah
Yang hobi traveling pasti sangat dimudahkan dengan adanya kartu kredit. Sisakan waktu dan uang Anda untuk mengunjungi tempat baru untuk refreshing dengan kartu kredit.

Cukup gesek saja tanpa harus menyiapkan uang tunai yang tebal dan rawan hilang ketika pesan tiket, hotel, atau berbelanja apalagi sekarang sudah menjamur dengan sistem online.

Beberapa kartu kredit sudah menyediakan program mileage yang sangat cocok bagi Anda yang suka traveling ke luar atau dalam negeri, dengan mileage Anda dapat menukarkan poin Anda dengan tiket pesawat secara gratis.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X