Pensiun, Bintang NBA Kobe Bryant Dirikan Perusahaan Investasi

Kompas.com - 23/08/2016, 14:15 WIB
Pebasket Amerika Serikat, Kobe Bryant. AFP PHOTO / TIMOTHY A. CLARYPebasket Amerika Serikat, Kobe Bryant.
|
EditorAprillia Ika

NEW YORK, KOMPAS.com - Pensiun dari olahraga bola basket yang telah membesarkan namanya, bintang NBA Kobe Bryant kini merambah dunia investasi. Bryant telah membentuk kemitraan dengan pemodal ventura Jeff Stibel untuk meluncurkan perusahaan dana investasi senilai 100 juta dollar AS atau setara sekitar Rp 1,31 triliun.

Bryant yang merupakan mantan kapten Los Angeles Lakers menyatakan bahwa ia merasa memiliki bakat untuk mengidentifikasi wirausahawan. Inilah yang mendasarinya membentuk perusahaan dan berharap bisa membantu perusahaan yang ia investasikan.

Perusahaan "Bryant Stibel" tersebut akan berinvestasi pada perusahaan teknologi, media, dan data. Stibel sendiri merupakan seorang wirausahawan dan investor yang mendirikan beberapa perusahaan, termasuk Web.com.

Bryant memutuskan pensiun dari bola basket pada awal 2016 ini setelah 20 tahun berkarier. Ia sebelumnya pernah berinvestasi bersama Stibel, namun perusahaan ini adalah kemitraan formal pertama mereka dan dananya pun berasal dari mereka sendiri.

Sejak 2013, Bryant dan Stibel telah bersama berinvestasi pada 15 perusahaan, termasuk situs informasi olahraga The Players Tribune, perancang permainan video Scopely, dan perusahaan layanan hukum LegalZoom.

Menurut Bryant, etika kerja yang kuat di bola basket adalah keterampilan yang sama dan dibutuhkan dalam mengembangkan bisnis.

"Ini adalah keyakinan dari dalam diri bahwa seseorang yang memiliki etika tersebut alam bertahan dari apapun rintangannya. Keyakinan itulah yang dilakukan wirausahawan, bahwa ia benar-benar percaya dengan apa yang dilakukannya dan mencintainya," ujar Bryant.

Baik Bryant maupun Stibel menyatakan mereka akan menambahkan nilai pada perusahaan yang mereka dirikan bersama berdasarkan pandangan bisnis mereka. Keduanya menyatakan tidak akan memanfaatkan ketenaran dan status bintang yang dimiliki Bryant.

"Kami tidak mau berada di bisnis investasi pada perusahaan sehingga seseorang bisa menggunakan Kobe sebagai sponsor. Itu tidak menarik. Yang penting adalah menambah nilai yang sesungguhnya," ungkap Stibel. 

Kompas TV Jr. NBA Kembali Hadir di Indonesia



Sumber BBC.com
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X