SMF Perbanyak Sekuritisasi Aset untuk Menjaring Dana Repatriasi

Kompas.com - 23/08/2016, 18:53 WIB
Ilustrasi ThinkstockIlustrasi
|
EditorM Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com — PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) atau SMF menggandeng PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI) untuk melakukan sekuritisasi aset dengan menerbitkan Efek Beragun Aset berbentuk Surat Partisipasi (EBA-SP SMF-BMRI01) dengan jumlah pokok hingga Rp 500 miliar.

Direktur Utama SMF Raharjo Adisusanto mengatakan, EBA-SP merupakan salah satu instrumen investasi yang dapat digunakan untuk menampung dana repatriasi yang masuk ke Indonesia seiring bergulirnya program pengampunan pajak.

"Dalam Pasal 6 ayat 2 UU Pengampunan Pajak disebutkan bahwa EBA-SP menjadi salah satu instrumen investasi untuk menempatkan dana repatriasi," ujar Raharjo di Jakarta, Selasa (23/8/2016).

Raharjo juga berharap Bank Mandiri terus melakukan transaksi sekuritisasi kredit kepemilikan rumah (KPR) secara berkelanjutan yang merupakan salah satu wujud peran aktif bank dalam mendukung program satu juta rumah yang telah dicanangkan oleh pemerintah.

Ia juga mengajak para penyalur KPR, khususnya dari perbankan, untuk tidak ragu-ragu lagi melakukan sekuritisasi atas tagihan KPR yang dimilikinya untuk mengakses dana dari pasar modal bekerja sama dengan PT SMF.

"Ini didasarkan bahwa PT SMF merupakan BUMN yang dimiliki 100 persen oleh pemerintah dan bergerak khusus dalam pembiayaan sekunder perumahan," pungkas Raharjo.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X