Kompas.com - 28/09/2016, 07:14 WIB
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com — Himpunan Bank-Bank Negara (Himbara) mengisyaratkan penurunan tarif transaksi anjungan tunai mandiri (ATM) pada penggabungan 10.000 ATM bank pelat merah pada akhir tahun ini. Penurunan ini berpotensi lebih rendah dari sebelumnya.

Tercatat sebelumnya, untuk transaksi transfer antar-ATM di jaringan Himbara telah turun 50 persen menjadi Rp 4.000. Untuk tarif tarik tunai di bank lain sesama anggota Himbara turun lebih dari 90 persen menjadi hanya Rp 500.

“Ada potensi tarif transaksi turun dari sebelumnya,” ujar Kartiko Wirjoatmodjo, Direktur Utama Bank Mandiri, Selasa, (27/9/2016).

Asmawi Syam, Direktur Utama BRI, mengatakan, kemungkinan penurunan kembali tarif transaksi ATM sedang dikaji oleh tim Himbara dan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN). “Berapa potensi turunnya masih kami kaji,” ujar Asmawi, Selasa.

Sebagai informasi, saat ini jumlah ATM bank BUMN telah mencapai 55.804 unit di seluruh Indonesia.

Diharapkan, pada akhir tahun, akan ada penggabungan 10.000 ATM Himbara yang jumlahnya akan dibagi antara BRI, Mandiri, BNI, dan BTN. (Galvan Yudistira)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber KONTAN


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.