Sentimen "Brexit" Kembali Muncul, Wall Street Ditutup Melemah

Kompas.com - 05/10/2016, 06:36 WIB
EditorBambang Priyo Jatmiko

NEW YORK, KOMPAS.com - Saham-saham di bursa AS berakhir melemah pada perdagangan Selasa atau Rabu (5/10/2016) waktu Indonesia. Investor merespon pelemahan poundsterling terhadap dollar AS yang berada di titik terendah sejak 1985.

Hal itu terjadi lantaran munculnya kekhawatiran baru terkait dampak keluarnya Inggris dari Uni Eropa atau Brexit.

Indeks Dow Jones turun 85 poin atau 0,5 persen, setelah hari sebelumnya menguat 57 poin. Sementara itu indeks Standard & Poor's 500 melemah 0,5 persen dan indeks teknologi Nasdaq kehilangan 0,2 persen.

Setelah mencatatkan pertumbuhan yang solid sebesar 3,3 persen pada kuartal III, bursa AS kembali menghadapi pelemahan terkait ketidakpastian yang ditimbulkan Brexit, pilpres AS serta hasil kinerja kuartal III.

Berkaitan dengan Brexit, investor mencermati pernyataan PM Inggris Theresa May bahwa negara tersebut akan memulai persiapan untuk benar-benar lepas dari Uni Eropa pada akhir Maret 2017.

Dengan lepasnya Inggris dari Uni Eropa, hal itu akan membuat negara tersebut kehilangan akses terhadap satu blok perdagangan besar serta menimbulkan ketidakpastian terhadap perekonomian Inggris.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber USA Today
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.