BI Prediksi Kredit Tumbuh Lebih Cepat pada 2017

Kompas.com - 07/10/2016, 19:21 WIB
Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia Mirza Adityaswara KOMPAS.com/Sabrina AsrilDeputi Gubernur Senior Bank Indonesia Mirza Adityaswara
|
EditorM Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com - Pelambatan ekonomi membuat banyak kalangan di dunia usaha menunda ekspansi bisnis.

Akibatnya, pertumbuhan kredit modal kerja (KMK) dan kredit investasi (KI) perbankan tertekan di tahun 2016.

Meskipun demikian, Bank Indonesia (BI) yakin pertumbuhan KMK dan KI akan membaik di tahun 2017. Hal ini sejalan dengan prediksi perbaikan pertumbuhan ekonomi di tahun 2017.

"BI membuat estimasi mengenai pertumbuhan ekonomi di 2017 yang mana estimasinya lebih baik dari 2016, pemerintah pun begitu. Jadi kalau kredit, tahun depan dipastikan bakal lebih baik," kata Mirza di kantornya di Jakarta, Jumat (7/10/2016).

Mirza menjelaskan, perbaikan pertumbuhan ekonomi juga didukung program pengampunan pajak yang dianggap berhasil pada periode pertama.

"Kami yakin lebih baik setelah ada tax amnesty, dunia usaha bisa lebih merencanakan mereka mau ambil kredit atau pakai uang sendiri. Sudah deklarasi dalam negeri, sudah deklarasi luar negeri jadi mereka sudah bisa hitung," jelas Mirza.

Menurut dia, dunia usaha sudah mendapatkan kepastian dari program amnesti pajak sehingga diperkirakan permintaan kredit ke perbankan akan meningkat di tahun depan.

Berdasarkan data BI pada Agustus 2016, penyaluran KMK dan KI tercatat masing-masing sebesar Rp 1.933,7 triliun dan Rp 1.050,9 triliun.

KMK dan KI tumbuh 4,5 persen dan 9,5 persen secara tahunan, melambat dibandingkan bulan sebelumnya yang naik sebesar 5,8 persen dan 10,4 persen secara tahunan.

Pelambatan penyaluran kredit pada KMK maupun KI terutama terjadi pada sektor industri pengolahan dan sektor pertambangan.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X