Imbas "Brexit," Perbankan Besar Ancam Kabur dari Inggris

Kompas.com - 24/10/2016, 07:35 WIB
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

LONDON, KOMPAS.com - Perbankan besar bersiap-siap untuk memindahkan operasionalnya dari Inggris pada awal tahun 2017 karena kekhawatiran akibat keluarnya negara tersebut dari Uni Eropa atau Brexit.

Demikian pernyataan dari Asosiasi Bankir Inggris (BBA). Ketua BBA Anthony Brown menyatakan perbankan yang ukuran bisnisnya lebih kecil juga akan pindah dari Inggris pada tahun 2017. Menurut Browne, perdebatan publik maupun politik saat ini membawa bisnis ke arah yang salah.

"Tangan mereka (perbankan) bersiap memencet tombol 'pindah'," ujar Browne seperti dikutip dari BBC, Senin (24/10/2016).

Komentar Browne ini sama seperti yang diungkapkannya pada konferensi BBA yang dihelat pekan lalu. Kala itu, ia menyatakan perbankan sudah mempersiapkan tim untuk mempelajari operasional mana yang akan dipindahkan serta kapan dan bagaimana memindahkannya.

"Perbankan lebih terdampak Brexit ketimbang sektor ekonomi lainnya, baik dalam hal dampak dan skala implikasinya. Sejauh ini, inilah industri ekspor terbesar Inggris dan paling mobile secara internasional ketimbang bisnis lainnya, namun memiliki hak dan aturan hukum untuk melayani nasabah lintas batas dari Uni Eropa," papar Browne.

Sebelumnya, juru bicara kubu Demokrat Liberal Tom Brake menyatakan jika proses Brexit tidak berjalan dengan mulus, maka ini akan mengancam industri keuangan membayar pajak sebesar 65 miliar poundsterling setiap tahun.

"Pemerintahan Konservatif harus menjelaskan bagaimana mendanai shortfall ini kalau Inggris meninggalkan pasar tunggal," jelas Brake. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.