Harga BBM di Pelosok Mahal, Dirjen Migas Salahkan Penjual Eceran

Kompas.com - 24/10/2016, 12:23 WIB
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), IGN Wiratmaja Puja menuturkan, ketimpangan harga bahan bakar minyak (BBM) yang terjadi di wilayah terpencil dilakukan oleh para pengecer tidak resmi.

"Harga yang tidak sama itu terjadi di tingkat pengecer yang tidak resmi," ujar Wiratmaja saat menggelar diskusi di Ruang Wijarso, Gedung Migas, Jakarta, Senin (23/10/2016).

Menurut Wiratmaja, harga BBM yang dijual oleh PT Pertamina (Persero) melalui Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) memiliki harga yang sama di seluruh Indonesia.

"Harga BBM di SPBU semua sama di seluruh indonesia," terang Wiratmaja.

Wiratmaja kembali menegaskan, bahwa harga BBM yang ada di SPBU seluruh Indonesia memiliki harga yang sama. Dirinya pun kembali mengatakan, bahwa ketimpangan harga yang terjadi lebih karena pengecer yang tidak resmi.

"Mohon di maklumi, harga yang tidak sama itu bukan di Pertamina nya, tetapi di tingat pengecer yang tidak resmi," ucap Wiratmaja.

Seperti diketahui sebelumnya, ketimpangan harga BBM ini mendapat perhatian khusus Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam lawatannya beberapa waktu lalu ke wilayah-wilayah terpencil di Indonesia.

Jokowi kala itu meminta Pertamina untuk menangani permasalahan ketimpangan harga, sehingga masyarakat di pelosok mendapatkan harga yang seadil-adilnya tanpa merasa dibeda-bedakan di setiap wilayah.

Dengan terciptanya keseragaman harga, Jokowi berharap pembangunan di pelosok-pelosok daerah dengan cepat bisa terlaksana.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.