Disumbang Mie Instan, Laba Bersih Indofood CBP Naik 15 Persen

Kompas.com - 28/10/2016, 14:47 WIB
Ilustrasi KONTAN/MURADIIlustrasi
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP) membukukan penjualan konsolidasi sebesar Rp 26,47 triliun pada kuartal III 2016. Jumlah itu naik 9,9 persen dibandingkan periode sama tahun lalu yang sebesar Rp 24,1 triliun.

Pertumbuhan ini antara lain didorong oleh naiknya volume penjualan. Divisi mie instan berkontribusi paling besar dalam penjualan mencapai 64 persen, disusul dairy (20 persen), makanan ringan (7 persen), minuman (5 persen), penyedap makanan (2 persen), serta nutrisi dan makanan khusus (2 persen).

Direktur Utama dan Chief Executive Officer ICBP Anthoni Salim mengatakan, sembilan bulan pertama ini merupakan periode yang baik bagi perseroan.

"Membaiknya kondisi pasar secara umum serta dilaksanakannya strategi-strategi yang terarah mampu menghasilkan kinerja yang baik dan memperkuat posisi ICBP di pasar," kata Anthoni melalui keterangan tertulis, Jumat (28/10/2016).

Pada kuartal III 2016, ICBP mencetak laba usaha sebesar Rp 3,97 triliun atau tumbuh 24,2 persen dibandingkan kuartal III 2015 yang sebesar Rp 3,2 triliun.

Adapun margin laba usaha tumbuh 15 persen dari 13,3 persen yang disebabkan oleh naiknya penjualan.

Sementara itu, laba periode berjalan yang dapat distribusikan kepada pemilik entitas induk sebesar Rp 2,83 triliun atau tumbuh 15,9 persen dibandingkan periode sama tahun lalu yang hanya Rp 2,44 triliun.

Adapun margin laba bersih naik tipis dari 10,1 persen menjadi 10,7 persen. Dengan tidak memperhitungkan akun non-recurring dan selisih kurs, core profit tercatat Rp 2,92 triliun, atau tumbuh 19,1 persen dibandingkan periode sama tahun lalu yang sebesar Rp 2,45 triliun.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X