Pasca-Pilpres AS: IHSG Turun 56,36 Poin, Rupiah Turun 43 Poin

Kompas.com - 09/11/2016, 16:17 WIB
Penulis Aprillia Ika
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup turun 56,36 poin atau turun 1,03 persen ke level 5.414,32 pasca-pilpres di AS yang memenangkan Donald Trump, kandidat dari Partai Republik.

Sebelumnya, pada perdagangan Selasa, IHSG ditutup menguat di level 5.470,68. Hasil merah hari ini menutup reli kenaikan indeks sejak 4 November 2016, ketika hasil polling saat itu mengunggulkan Hillary Clinton sebagai pemenang pilpres AS.

Sementara rupiah akhirnya ditutup turun 43 poin atau turun 0,32 persen ke level 13.127 per dollar AS, setelah pada Selasa lalu ditutup di level 13,084 per dollar AS.

Berdasarkan pantauan di pasar spot Bloomberg, rupiah diperdagangkan di rentang 13.051 - 13.285 per dollar AS.

Sebanyak sembilan dari 10 indeks sektoral pendukung bursa ditutup melemah, dengan sektor infrastruktur sebagai lokomotif pelemahan. Sektor infrastruktur ditutup turun 2,17 persen.

Sedangkan satu-satunya sektor yang ditutup menguat adalah sektor perdagangan, yang naik 0,45 persen.

Dari data RTI, sebanyak 100 saham ditutup naik pada penutupan perdagangan saham pukul 16.00 WIB ini. Sementara 220 saham ditutup turun dan 81 saham ditutup tetap.

Net foreign sell di semua papan perdagangan tercatat Rp 61,3 miliar sedangkan net foreign sell di pasar reguler mencapai Rp 520,6 miliar.


Kompas TV Donald Trump Resmi Menjadi Presiden AS ke-45
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.