Ekonom CIMB Niaga: Perekonomian Perlu Katalis agar Tumbuh Lebih Tinggi

Kompas.com - 10/11/2016, 16:20 WIB
EditorM Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com – Kepala Ekonom Bank CIMB Niaga Adrian Panggabean mengatakan, kondisi perekonomian pada 2016 dicirikan oleh rendahnya perdagangan internasional, perilaku risk aversion, rendahnya inflasi inti, serta terganggunya fungsi intermediasi perbankan akibat turunnya aktifitas transaksi, volume kredit, dan preferensi masyarakat untuk memegang uang kas.

“Lingkungan bisnis dan kondisi eksternal pada 2017 mungkin tidak banyak berbeda dengan tahun 2016, dengan keseimbangan risiko ekonomi akan lebih berat ke arah risiko pertumbuhan yang rendah,” kata Adrian Panggabean saat jadi panelis dalam acara Outlook Ekonomi Indonesia Tahun 2017 yang digelar Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian di Jakarta, Kamis (10/11/2016).

Dalam acara tersebut, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution menjadi pembicara kunci. Acara itu dihadiri oleh para pimpinan perbankan nasional, pengusaha, akademisi, serta perwakilan dari Kedutaan Besar di Indonesia.     

Menurut Adrian, pasar menginginkan akan adanya seperangkat kebijakan sebagai katalis pertumbuhan ekonomi.  

Di sisi moneter, pasar berharap akan berlanjutnya kebijakan akomodatif. Sementara di sisi fiskal, pasar berharap akan adanya stimulus berupa penurunan tarif pajak, penajaman sisi pengeluaran, dan peningkatan tax ratio untuk menurunkan risiko fiskal.

“Apabila katalis perekonomian tersebut hadir, perekonomian akan mulai bergerak di paruh kedua 2017 sehingga pertumbuhan ekonomi Indonesia pada 2017 akan mampu mencapai angka 5,1 persen,” kata Adrian.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.