Reliance Securities: IHSG Terus Menguat, Amati Saham-saham Ini

Kompas.com - 06/12/2016, 08:39 WIB
Ilustrasi THINKSTOCKIlustrasi
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan hari ini Selasa (6/12/2016) diperkirakan menguat tertahan di rentang pergerakan 5.244-5.325.

"Saham-saham yang dapat dicermati diantaranya BDMN, CPIN, HRUM, JPFA, TLKM, MAIN," kata analis dari Reliance Securities, Lanjar Nafi melalui keterangan tertulis, Selasa.

Pada perdagangan kemarin, IHSG berhasil bertahan pada zona hijau dengan ditutup menguat 22,35 poin sebesar 0,43 persen di level 5.268,31 dengan volume yang relatif moderat.

Sektor pertambangan berhasil menahan penguatan IHSG dengan memimpin penguatan di level 2,29 persen.

Investor asing masih terus mencatatkan net sell sebesar Rp 782,95 miliar. Berbanding terbalik, bursa Asia terkoreksi di awal pekan di tengah kekhawatiran reformasi konstitusi Eropa. Hal ini dikhawatirkan akan mempengaruhi tingkat kepercayaan investor terhadap aset beresiko.

Perhitungan utang pemerintah yang tercermin dari Treasuries dari Jumat, ketika rilis data pekerjaan Amerika Serikat, turut membebani bursa saham.

"Harga minyak yang turun satu persen setelah produsen minyak Amerika Serikat meningkatkan jumlah pengeboran minyak juga menjadi pesimisme investor di awal pekan ini," imbuh Lanjar.

Sementara itu, bursa Eropa justru mengawali pekan dengan penguatan di saat mata uang eropa melemah 0,3 persen seiring indeks kinerja sektor jasa di Eropa yang kembali jatuh.

Selanjutnya investor akan memperhatikan hasil banding Brexit, tingkat suku bunga Australia, pertumbuhan PDB di Eropa dan penjualan ritel di Amerika Serikat.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X