Jumlah Wirausaha Baru di Indonesia Kalah dari Malaysia dan Singapura

Kompas.com - 08/12/2016, 06:46 WIB
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Data Bank Indonesia (BI) menyebutkan, jumlah wirausaha di Indonesia saat ini baru mencapai 1,65 persen dari total penduduk di Indonesia.

Angka tersebut dinilai jauh tertinggal dibandingkan dengan jumlah wirausaha di negara Asia Tenggara lain.

Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Gati Wibawaningsih mengatakan, di sejumlah negara tetangga seperti di Malaysia, Thailand, dan Singapura, jumlah wirausahanya sudah mencapai lebih dari 4 persen dari total penduduknya.

Menurutnya, persentase yang ideal agar perekonomian dapat stabil dan maju maka jumlah wirausahanya adalah 2 persen sampai 4 persen dari total penduduknya.

Gati menuturkan, dengan itu pihaknya memiliki tugas dalam menciptakan wirausaha baru sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) Tahun 2015-2019.

"Kemenperin mempunyai tugas untuk menumbuhkan wirausaha industri sebanyak 20.000 wirausaha kecil dan 9.ooo wirausaha menengah dan besar," ," ujar Gati di Jakarta, Rabu (7/12/2016).

Untuk itu, Kemenperin mendorong tumbuhnya wirausaha baru, yang diharapkan dapat menciptakan lapangan pekerjaan, menghambat urbanisasi, dan mengentaskan kemiskinan.

Adapun beberapa upaya yang dilakukan Kemenperin adalah, pertama menciptakan iklim berusaha yang kondusif melalui pembuatan regulasi. 

Kedua, melakukan pemberian stimulasi melalui instrumen moneter maupun fiskal. Ketiga, memberikan pelayanan publik yang prima dengan mengacu kepada penerapan prinsip tata kelola pemerintah yang baik. 

Keempat, melaksanakan prinsip clean government, serta kelima, menyediakan fasilitas infrastruktur yang cukup baik secara kuantitas maupun kualitas.

(Baca: Pemerintah Siapkan Program Strategis Tumbuhkan Wirausaha Industri Baru)

Kompas TV Jumlah Wirausaha Indonesia Baru 1,6%
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.