Kompas.com - 01/01/2017, 19:00 WIB
|
EditorAprillia Ika

LHOKSEUMAWE, KOMPAS.com – Peraturan Pemerintah (PP) tentang Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Lhokseumawe diharapkan terbit bulan Januari ini.

Sejauh ini, untuk mengoperasionalkan KEK Lhokseumawe, telah ditandatangani nota kesepahaman bersama antara Pertamina, PT Pupuk Iskandar Muda, Pelindo, dan Perusahaan Daerah Pemerintah Aceh di Jakarta bulan lalu.

“Konsorsium BUMN dan BUMD sudah terbentuk untuk mengoperasionalkan KEK Lhokseumawe. Sudah dibahas di dewan nasional KEK, kita harap, PP nya bisa turun bulan ini,” sebut Direktur Utama PT Pupuk Iskandar Muda (PT PIM) Achmad Fadhiel, Minggu (1/1/2017).

Dia menyebutkan, jika KEK Lhokseumawe beroperasi, maka itu menjadi salah satu solusi pengentasan pengangguran dan kemiskinan di Aceh.

Pasalnya, dalam kawasan itu akan dibangun beberapa industri raksasa baik oleh BUMN dan BUMD. Dia mencontohkan indutsri sektor perikanan akan tumbuh dan industri lainnya.

“Saya yakin sekali, jika KEK Lhokseumawe beroperasi, maka industri akan tumbuh, PIM bisa maksimal operasi, begitu juga Pelindo dan lain sebagainya. Kita diuntungkan dengan demografi yang dekat dengan Malaysia, jika tak dijual dalam negeri, maka produk kita bisa diekspor,” ujarnya.

Untuk itu, sambung Fadhiel, pihaknya terus mendorong agar sumber daya manusia Aceh semakin berkompeten. Sehingga, bisa mengisi berbagai posisi yang akan dibuka industri dalam kawasan ekonomi khusus itu.

“Semoga ini bisa cepat selesai berkat dukungan semua pihak. BUMN masuk, saya yakin perusahaan swasta juga akan masuk. Ini mendorong pertumbuhan ekonomi kita semakin baik,” pungkasnya.

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.