Industri Konstruksi Lesu, Perolehan Kontrak Nusa Cipta Raya Turun

Kompas.com - 24/01/2017, 21:00 WIB
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Nusa Raya Cipta Tbk (NRCA) yang merupakan salah satu perusahaan jasa konstruksi, menargetkan dapat memperoleh pendapatan sebesar Rp 29 triliun dan kontrak baru sebesar Rp 3,3 triliun di 2017.

Dalam keterbukaan informasi yang dipublikasikan manajemen, Selasa (24/1/2017) disebutkan, keseluruhan target kontrak baru tersebut diasumsikan diperoleh dari sektor swasta (private sector).

(Baca: Infrastruktur dan Properti Bakal Genjot Konstruksi di 2017)

Di 2016, Nusa Raya Cipta mencatatkan perolehan kontrak baru sebesar Rp 2,81 triliun atau lebih rendah 7 persen dibandingkan perolehan kontrak baru di 2015 sebesar Rp 3,02 triliun.

Perolehan kontrak baru 2016 memang di bawah target yang ditetapkan untuk periode 2016 yaitu Rp 3,3 triliun, hal itu disebabkan lesunya industri konstruksi di 2016 dan banyaknya tender proyek yang ditunda.

Adapun kontrak baru yang diperoleh Nusa Raya Cipta selama 2016 antara lain, Branz BSD, Hotel dan Apartemen Tentrem Semarang, Hotel Reinassance Nusa Dua, Kawasan Orchard Park Batam, Gedung Pasca Sarjana FK UGM Yogyakarta, terminal intermoda, dan The Rima Extension.

Sekadar informasi, berdasarkan anggaran dasar perusahaan, ruang lingkup kegiatan NRCA adalah berusaha dalam bidang pembangunan, perindustrian perdagangan, jasa, perbengkelan dan pengangkutan.

Kegiatan usaha NRCA terutama berusaha dalam bidang infrastruktur dan jasa konstruksi untuk pemborongan bangunan sipil konstruksi beton bertulang, baja dan kayu, pembangunan jalan, jalan tol dan jembatan, pelabuhan, irigasi dan lain-lain.

Pembangunan tersebut baik untuk pemerintah maupun swasta, termasuk pula merencanakan dan mengawasi atau memberikan nasehat-nasehat dalam pembangunan tersebut.

Saat ini, sebagian besar proyek NRCA adalah pekerjaan bangunan komersial, bangunan industrial, dan pekerjaan infrastruktur, khususnya infrastruktur jalan (jalan tol dan kawasan industri).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.