Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dorong Ekspor, Pemerintah Tingkatkan Pembiayaan Industri Kecil

Kompas.com - 15/02/2017, 08:53 WIB
Pramdia Arhando Julianto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) akan meningkatkan porsi pembiayaan untuk pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) sesuai instruksi pemerintah.

Pelaksana Tugas Dewan Direktur Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) Susiwijono Moegiarso menuturkan hal itu dilakulan untuk meningkatkan gairah IKM agar mengekspor produk-produk unggulan ke pasar internasional.

Pada tahun 2016, realisiasi pembiayaan mencapai Rp 88,4 triliun, dengan distribusi untuk IKM sebesar Rp 10,5 triliun.

“Tahun ini kami diminta untuk meningkatkan porsi pembiayaan sebesar Rp 102,6 triliun, dengan target untuk IKM naik menjadi 51 sampai 52 persen sehingga diharapkan mencapai Rp15 hingga 16 triliun,” tuturnya di Kantor Kementerian Perindustrian (Kemenperin), Jakarta, Selasa (14/2/2017).

Susiwijono optimistis ekspor industri khususnya IKM akan melonjak pada tahun 2017 karena harga komoditas mulai naik dan perekonomian nasional yang mulai membaik di tengah persaingan global.

"Strategi kami untuk mendorong ekspor di tahun ini, yakni peningkatan pembiayaan pada komoditi dan sektor unggulan, serta melakukan penetrasi ke nontraditional market,” ungkapnya.

Menurut Susiwijono, LPEI akan memberikan dukungan kepada IKM melalui jasa konsultasi, salah satunya dalam bentuk program Coaching Program for New Exporter (CPNE), yang merupakan program berkelanjutan bagi rintisan eksportir baru dengan cara mempersiapkan pelaku IKM melalui pelatihan, pameran dan bimbingan.

Kemudian, dari sisi pembiayaan, lembaga ini akan memfasilitasi IKM dengan memberikan akses pendanaan yang mudah, murah dan dengan suku bunga kompetitif, bagi IKM yang membutuhkan modal kerja maupun investasi dalam rangka ekspor.

Berdasarkan data Kementerian Perindustrian (Kemenperin), ekspor IKM periode Januari-November 2016 mencapai 24,7 miliar dollar AS atau memberikan kontribusi 24,8 persen terhadap total ekspor industri non-migas.

Serapan tenaga kerja pada sektor IKM pada awal tahun 2016 mencapai 97,22 persen. Kemenperin mencatat, jumlah sentra IKM tahun 2016 sebanyak 7.437 sentra.

Jumlah unit sentra terbanyak diduduki sektor pangan 40 persen, kerajinan dan aneka 23 persen, serta sandang 16 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com