Pemerintah Buat Program "Aksi Pangan" di Kabupaten Lima Puluh Kota

Kompas.com - 24/03/2017, 07:45 WIB
|
EditorAprillia Ika

BUKIT TINGGI, KOMPAS.com - Pemerintah meluncurkan program Akselerasi, Sinergi, dan Inklusi atau Aksi Pangan di Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat, pada hari ini Jumat (24/3/2017).

Peluncuran program Aksi Pangan dilakukan dan dihadiri sejumlah menteri dan pejabat terkait diantaranya Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, dan Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan Muliaman D Hadad.

Dari susunan agenda yang diterima Kompas.com, Program Aksi Pangan ini merupakan program inisiatif antara OJK dan Kementerian Pertanian bersinergi bersama Kementerian Agraria dan Tata Ruang/BPN, Kementerian Koperasi, Industri Jasa Keuangan dan asosiasi untuk mempercepat akses keuangan di sektor pangan khususnya pembiayaan komoditas unggulan nasional.

Program Aksi Pangan ini memiliki misi untuk memperluas produk dan layanan keuangan serta skema penjaminan untuk mendukung pembiayaan komoditas unggulan nasional.

Selain itu, program ini juga ditujukan untuk mendorong target keuangan inklusif 75 persen pada 2019.

Selain peluncuran Program Aksi Pangan, pada hari ini diadakan pula Workshop Industri Jasa Keuangan kepada petani dan peternak di Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat.

Adapun materi yang dibagikan kepada petani dan peternak diantaranya sistem resi gudang dan penjaminannya, asuransi ternak sapi program subsidi pemerintah, literasi perencanaan keuangan bagi petani, kredit ketahanan pangan energi, serta financial technology atau Fintech.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.