Maluku Utara Disiapkan jadi Pemasok Benih Pala Nasional

Kompas.com - 26/04/2017, 10:58 WIB
Anak-anak membantu menjemur buah dan kulit buah pala hasil panen di Pulau Banda Besar, Kabupaten Maluku Tengah, Maluku, Kamis (13/6/2013). Pala menjadi komoditas andalan warga Kepulauan Banda hingga menarik bangsa-bangsa Eropa. KOMPAS/IWAN SETIYAWANAnak-anak membantu menjemur buah dan kulit buah pala hasil panen di Pulau Banda Besar, Kabupaten Maluku Tengah, Maluku, Kamis (13/6/2013). Pala menjadi komoditas andalan warga Kepulauan Banda hingga menarik bangsa-bangsa Eropa.
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

TERNATE,KOMPAS.com - Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara sejak dahulu sudah dikenal akan kekayaan rempah-rempahnya, seperti cengkeh dan pala. Ke depan, daerah ini diharapkan oleh Kementerian Pertanian RI menjadi pemasok sumber benih pala nasional.

“Kami harapkan pala Maluku Utara menjadi sumber benih nasional. Kami berkomitmen untuk mengembangkan usaha petani mulai dari pedesaan, mempersiapkan desa mandiri benih sehingga nantinya Maluku Utara menjadi pemasok benih nasional,” kata Dirjen Perkebunaan Kementan, Ir. Bambang, MM usai membuka rakor perkebunan bersama seluruh kabupaten dan kota Maluku Utara di Ternate, Selasa (25/4/2017).

Maluku Utara, memiliki sumberdaya alam. Tidak hanya pala dan cengkeh tapi juga kelapa, yang dari sisi produktifitas masih perlu ditingkatkan.

“Di sini rata-rata masih komoditas perkebunan rakyat yang masih dibawah standar optimal yang harus dicapai, untuk itu kami datang untuk memberi perhatian besar, sehingga bisa bangkit dari tingkat produktitas ditingkatkan, kelembagaan petani dikuatkan, pengelolaan lebih efisien, peningkatan sdm sehingga ada nilai tambah bagi petani lebih,” kata Bambang.

Pendekatan pengembangan perkebunan akan diarahkan pada penguatan kelembagaan petani yang bersinegrsi antara desa, kabupaten.

Dengan demikian petani bisa menghasilkan perkebunan yang berdaya saing, dengan begitu pasar bisa ditentukan dari kekuatan petani, dalam kondisi demikian agroindustri pedesaan dapat dilakukan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X