Sri Mulyani Tantang Jajarannya Berpikir Tajam Layaknya Kartini

Kompas.com - 28/04/2017, 15:38 WIB
Menteri Keuangan Sri Mulyani di perayaan Hari Kartini KOMPAS.com/YOGA SUKMANAMenteri Keuangan Sri Mulyani di perayaan Hari Kartini
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Tidak habis kekaguman Menteri Keuangan akan sosok Kartini. Bagi perempuan 54 tahun itu, Kartini adalah perempuan dengan konsep pemikiran yang luar biasa tajam dan dalam.

Menurut Sri Mulyani, hal itu bisa diketahui dari surat-surat yang ditulis Kartini. Salah satunya mengenai kondisi anak-anak Jawa pada masa penjajahan Hindia Belanda dulu.

"Saya membayangkan, anak jawa yang kurus kecil tapi dia harus bekerja keras menjual rumput dan itu menyentuh hatinya (Kartini)," ujarnya dalam acara Peringatan Hari Kartini di Jakarta, Jumat (28/4/2017).

Menurut Sri Mulyani, ketajaman pemikiran Kartini yang tertuang di dalam surat-suratnya lahir karena sensitivitas akan kondisi sosial ekonomi.

Ia ingin jajarannya juga memilki rasa itu sehingga mau berbuat lebih baik untuk masyarakat. Bahkan, perempuan yang kerap disapa Ani itu menantang jajarannya untuk lebih berpikir tajam, radikal atau mendalam layaknya Kartini.

Namun pemikiran itu dituangkan ke dalam konsepsi penganggaran belanja negara yang lebih efektif untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat.

"Coba dengarkan surat Kartini, seorang perempuan yang memiliki konsep luar biasa tajam dan dalam," kata Sri Mulyani.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.