Kompas.com - 28/04/2017, 23:08 WIB
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita mengungkapkan, konsumsi daging beku menibgkat sebanyak 35 persen sejak ditetapkannya harga daging beku sebesar Rp 80.000 per kilogram.

"Angka serap daging beku naik 35 persen meningkat sebulan terakhir. Sejak Rp 80.000 per kilogram, dan daging kerbau juga masuk dengan harga murah peningkatan (konsumsi) tajam," ujar Enggartiasto di Rawa Lumbu, Bekasi, Jawa Barat, Jumat (28/4/2017).

Menurutnya, hingga saat ini pemahaman masyarakat mengenenai daging beku masih negatif dan lebih memilik daging segar dibandingkan daging frozen (beku).

"Mekanisme pasar memang mencari yang termurah, kalau sekarang ada rata maksimal Rp 80.000 kilogram terus ada yang jual Rp 100.000 per kilogram, maka orang akan pilih yang murah," ungkap Mendag.

Bahkan, Mendag menegaskan, bahwa daging beku lebih higienis karena melewati proses pembekuan dan menghilangkan bakteri.

"Masyarakat harus tahu kalau daging beku lebih higienis. Kadang yang dijual dipasar itu sudah ditaruh di pendingin dan dikasih darah biar terlihat segar, kalau daging beku disimpan saja -25°C dan bakterinya sudah mati," ungkapnya.

Dia mengatakan, di negera-negara maju seperti Jerman, Inggris, Jepang, dan Singapura juga mengkonsumsi daging beku.

"Lihat negara-negara maju mereka menggunakan daging beku," imbuhnya.

Sementara itu, Mendag menjelaskan, kebutuhan daging nasional saat Ramadhan dan Lebaran diprediksi mencapai 47.000 hingga 50.000 ton per bulan.

"Saat puasa hingga lebaran kenaikan konsumsi 30 sampai 35 persen, semua aman, karena stok mencapai 78.000 ton, dan itu sudah lebih dari cukup," paparnya. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.