S&P Tingkatkan Rating ke Investment Grade, Indeks Menuju 6.300

Kompas.com - 21/05/2017, 11:19 WIB
Ilistrasi: IHSG menguat thikstockphotosIlistrasi: IHSG menguat
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah menanti sekian lama, akhirnya Indonesia mendapat rating investment grade dari lembaga pemeringkat international Standard and Poor's atau S&P.

Melalui momentum investment grade yang sudah cukup lama dinantikan ini, PT Bahana Sekuritas merevisi perkiraan indeks hingga akhir tahun ini.

Yakni, menjadi ke level 6.300 dari perkiraan sebelumnya di level 6.000. Revisi kenaikan ini dilakukan meskipun terjadi kondisi politik yang agak menghangat belakangan ini.

Menurut Bahana Sekuritas dalam risetnya, peringkat investment grade dari S&P ini mengikuti lembaga pemeringkat lainnya, Fitch Ratings dan Moody's Investor Service, yang sudah terlebih dahulu memberi rating investment grade.

S&P global rating secara tak terduga menaikkan rating Indonesia ke BBB- dari BB+ dengan outlook stabil, ditengah-tengah kondisi politik Indonesia yang terjadi saat ini.

S&P menaikkan rating Indonesia karena menilai pemerintah mampu meningkatkan kehati-hatian fiscal dengan mengurangi risiko menurunnya pendapatan pajak di masa yang akan datang, melalui program tax amnesty yang telah dimulai sejak tahun lalu.

PT Bahana Sekuritas menilai, kenaikan rating ini akan membawa lebih banyak lagi arus modal asing masuk ke Indonesia sehingga yield surat utang akan turun.

Dalam riset yang dilakukan Bahana memperlihatkan surat hutang pemerintah tenor 10 tahun mungkin akan turun ke kisaran 6,5 persen, dari level saat ini 6,9 persen.

"Kami melihat ada peluang suku bunga secara keseluruhan di market baik untuk surat utang maupun bunga bank, akan menyentuh level terendah pada 2019, terutama menjelang Pemilihan Presiden, terutama jika kondisi politik dapat lebih terkandali," kata Kepala Riset dan Strategis Bahana Harry Su melalui keterangannya ke Kompas.com.

Kondisi Politik

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X