Maskapai Penerbangan Cathay Pacific Pangkas 600 Posisi Pekerjaan

Kompas.com - 22/05/2017, 15:06 WIB
Cathay Pacific IstimewaCathay Pacific
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

HONGKONG, KOMPAS.com - Maskapai penerbangan Cathay Pacific Airways Ltd akan memangkas 600 posisi pekerjaan.

Ini adalah bagian dari upaya perampingan terbesar yang dilakukan maskapai tersebut dalam 20 tahun terakhir. Cathay mengalami kerugian pertama dalam delapan tahun.

Mayoritas pegawai yang akan terdampak kebijakan perampingan tersebut akan diumumkan kemudian dan pada bulan depan. Sebagian besar proses restrukturisasi akan diselesaikan pada akhir tahun ini, menurut pernyataan Cathay pada Senin (22/5/2017) seperti dikutip dari Bloomberg.

Namun, tidak ada pegawai frontline, pilot, maupun kru kabin yang terdampak. Per Juni 2016, Cathay dan maskapai afiliasinya mempekerjakan sekitar 33.000 orang pegawai.

Meski ada lonjakan permintaan perjalanan udara di Asia, Cathay dan Singapore Airlines Ltd adalah beberapa maskapai premium di kawasan yang harus menghadapi persaingan ketat dengan maskapai penerbangan murah, maskapai penerbangan China, maupun maskapai penerbangan Timur Tengah.

Pekan lalu secara mengejutkan Singapore Airlines mengumumkan kerugian. Karenanya, Singapore Airlines menyatakan bakal meninjau kembali bisnisnya.

"Semua orang semakin cemas. Agar bisa bertahan, mereka (maskapai) harus mengontrol biaya. Saya rasa ini adalah permulaan," kata Andrew Lee, analis di Jefferies di Hongkong.

Cathay juga menyatakan bakal melakukan restrukturisasi pada departemen kargo. Cara yang akan ditempuh adalah dengan menghilangkan posisi direktur kargo.

Saham Cathay menguat 3,7 persen pada posisi 11,74 dollar Hongkong pada perdagangan Senin. Sejak awal tahun 2017, saham maskapai tersebut sudah menguat 14 persen.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Bloomberg
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.