Bank Mayora Gelar Edukasi Keuangan di RPTRA Kenanga

Kompas.com - 31/05/2017, 15:15 WIB
Akhdi martin pratama Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Kenanga, Cideng, Jakarta Pusat yang dibangun diatas lahan seluas 2.600 meter persegi

JAKARTA, KOMPAS.comBank Mayora membuktikan komitmennya sebagai perusahaan keuangan yang memiliki tanggung jawab sosial. Hal itu diwujudkan melalui kerja sama dengan pihak Kelurahan Cideng, Jakarta Pusat, dalam rangka ulang tahun kedua Ruang Publik Terbuka Ramah Anak (RPTRA) Kenanga.

Dalam perayaan ulang tahun itu yang digelar pada Selasa (30/5/2017) sore itu, Bank Mayora membuka booth di RPTRA Kenanga untuk memberikan edukasi soal keuangan dan memperkenalkan produk keuangannya kepada masyarakat. Warga sekitar juga bisa membuka rekening tabungan dan mendapat hadiah menarik.

“Sebagai institusi keuangan, Bank Mayora punya tanggung jawab sosial. Kami pilih RPTRA ini karena lokasinya dekat dari kantor. Selain itu, menurut informasi, RPTRA Kenanga ini termasuk yang terbaik dari ratusan RPTRA di Provinsi DKI Jakarta,” ujar Division Head Corporate Communication & QM Bank Mayora Yoewanty Dirgantoro saat pertemuan dengan media pada perayaan ulang tahun kedua RPTRA Kenanga, di Kelurahan Cideng, Jakarta Pusat, Selasa sore.

Yoewanty mengatakan, bagi Bank Mayora, kerja sama ini sebagai wujud dukungan untuk program pemerintah mengenai edukasi dan literasi keuangan kepada masyarakat. Aktivitas yang digelar di RPTRA Kenanga ini juga bisa menjadi contoh bentuk kerja sama pemerintah dengan bank atau perusahaan swasta.

“Kami akan memberikan edukasi soal keuangan kepada anak-anak dan ibu-ibu PKK. Edukasi kepada anak-anak itu berupa cara belajar hemat, menabung, dan berinvestasi. Sedangkan untuk ibu-ibu PKK, misalnya cara mengatur keuangan keluarga dan mencari tambahan pemasukan,” ucap Yoewanty.

Sementara itu, pihak Kelurahan Cideng menyambut antusias kerja sama yang dilakukan bersama Bank Mayora ini. Mereka berharap masyarakat memanfaatkan keberadaan RPTRA Kenanga ini semaksimal mungkin.

“RPTRA Kenanga ini merupakan enam RPTRA pertama yang berdiri di DKI Jakarta. Harus dimanfaatkan semaksimal mungkin, dan yang lebih penting lagi peran serta masyarakat,” kata Lurah Cideng Muhammad Fauzi.

Dia mengatakan, karena tidak bisa bekerja sendiri, maka pemerintah menjalin bekerja sama dengan perusahaan swasta untuk berkontribusi.

“Di sini ada komunitas Dapur Kenanga, yaitu ibu-ibu PKK yang jago memasak. Kami harap nanti Bank Mayora mau mengajari cara penjualan makanan yang mereka hasilkan. Kami juga menggandeng pihak lain yang mau memasarkan, misalnya koperasi,” tutur Muhammad Fauzi.

Dalam rangkaian acara ulang tahun kedua RPTRA Kenanga ini, pihak Kelurahan Cideng menggelar beberapa kegiatan, misalnya pertandingan futsal, mewarnai, dan lomba hijab untuk ibu-ibu. Adapun perayaan puncak dihadiri oleh sejumlah komunitas dan masyarakat di wilayah Cideng, serta penyerahan hadiah dan santunan kepada anak yatim.

(Baca: Kisah Sembilan Karung Durian dan Rencana Besar Bank Mayora)

Kompas TV Setelah diresmikan Pemprov DKI, Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Kalijodo, mulai diminati pengunjung. Tidak hanya bagi penduduk sekitar, tapi juga warga dari luar Kalijodo.Ruang publik terpadu ramah anak Kalijodo, menawarkan banyak daya tarik bagi para pengunjung. Ini dikarenakan fasilitasnya cukup lengkap. Tidak hanya menyediakan arena bermain bagi anak dan remaja, tapi juga fasilitas bagi dewasa serta manula, untuk sekedar menghabiskan waktu. Arena bermain papan seluncur, menjadi pusat perhatian pengunjung. Terutama dari penggemar olahraga skateboard dan sepeda.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


EditorAprillia Ika
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X