Mendag Minta Pasar Grosir Modern Bermitra dengan Pasar Tradisional 

Kompas.com - 09/06/2017, 14:59 WIB
Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita saat diwawancara usai meninjau persediaan stok bahan pokok di salah satu pasar ritel yaitu Indogrosir, Pasar Kemis, Tangerang, Jumat (9/6/2017). KOMPAS.com/ANDREAS LUKAS ALTOBELMenteri Perdagangan Enggartiasto Lukita saat diwawancara usai meninjau persediaan stok bahan pokok di salah satu pasar ritel yaitu Indogrosir, Pasar Kemis, Tangerang, Jumat (9/6/2017).
Penulis Achmad Fauzi
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita mengakui harga kebutuhan pokok di pasar grosir modern lebih murah ketimbang di warung biasa atau pasar tradisional.

Untuk itu, Mendag meminta agar pasar grosir modern bisa menjalin mitra dengan pasar tradisional dalam hal pengadaan bahan-bahan pokok.  Menurut dia, pola seperti ini telah diterapkan di toko ritel Indogrosir.

"Pasar ritel modern harga bisa lebih murah karena bicara akses dan harga perolehan, dibandingkan dengan pedagang warung maupun pasar tradisional kurang dapat akses," ujar Enggartiasto seusai Kunjungan Kerja di Perkulakan Indogrosir, Tangerang, Jumat (8/6/2017).

Pria yang akrab disapa Enggar mengatakan, dengan adanya akses permodala maka harga bahan-bahan pokok di warung-warung pasar tradisional sama dengan di pasar ritel modern. Dengan begitu, warung-warung di pasar tradisional tetap dapat bersaing dengan pasar ritel seperti Indomaret.

"Indogrosir melayani dengan dengan harga yang sama dengan indomaret membeli itu. Jadi pada dasarnya dia diberikan akses pasar yang sama untuk kemudian dia jual. Tinggal menentukan berapa marginnya, kalau mau laku maka margin sama inggal menetukan harus nya sama apa yang dilakukan indomaret," jelas dia.

Enggar menambahkan, ?saat ini Indogrosir telah bermitra dengan 8.000 sampai 10.000 warung-warung di pasar tradisional. Dirinya berharap, Indogrosir dapat menambah kemitraaannyadengan warung-warung di pasar tradisional lainnya.

"Sejauh warung itu dapat bantuan, sejauh warung dapat akses sumber barang dengan harga yang sama, maka kita memastikan tidak ada masalah," pungkas dia.

Sekadar informasi, Indogrosir adalah salah satu pasar ritel yang dimiliki oleh Indomaret Group. Saat ini, Indogrosir memiliki 16 toko yang tersebar di beberapa kota Indonesia.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X