Kompas.com - 18/07/2017, 16:46 WIB
Ilustrasi: kapal penyeberangan milik PT ASDP Indonesia Fery Cabang Kupang, Senin (12/6/2017). KOMPASmpas.com/SIGIRANUS MARUTHO BEREIlustrasi: kapal penyeberangan milik PT ASDP Indonesia Fery Cabang Kupang, Senin (12/6/2017).
Penulis Achmad Fauzi
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) tengah berencana menyiapkan kapal khusus untuk mengangkut truk.

Hal ini disiapkan untuk mendukung program pemerintah terkait truk yang diangkut melalui kapal roro Jakarta-Surabaya. 

Direktur Utama ASDP Ferry Indonesia, Faik Fahmi mengatakan, saat ini kapal yang ada belum dapat menampung truk dalam jumlah yang banyak. Sehingga, biaya logistik melalui kapal masih tinggi. 

"Karena selama ini, biaya belum bisa kami tekan karena kapal tidak spesifik untuk truk. Jadi untuk penumpang dan truk. Kami lagi cari yang memang operasinya untuk truk, yang nanti ongkosnya bisa rendah," ujar Faik saat ditemui di Kantor Pusat ASDP Indonesia Ferry, Jakarta, Selasa (18/7/2017). 

Mantan Direktur Komersial PT Angkasa Pura II (Persero) ini menjelaskan, kapal yang didatangkan dapat menampung hingga 200 truk. Saat ini dengan kapal yang ada hanya dapat menampung 90 truk. 

"Saya sedang mencari kapal yang efisien angkutan logistik truk. Kalau 90 truk kurang efektif, saya mau mengangkut 200 truk dan dengan kecepatan bersaing darat," terang dia. 

Faik menambahkan, pengadaan kapal khusus untuk truk ini, didatangkan secara bertahap. Dalam hal ini, pengadaan kapal khusus truk ini masuk ke dalam 50 kapal yang akan didatangkan perseroan untuk lima tahun ke depan. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Tahun ini sudah kami tender, dengan galangan domestik," pungkas dia. 



25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X