BSM Targetkan Pertumbuhan KPR di Atas 10 Persen pada Tahun Ini

Kompas.com - 11/03/2019, 18:17 WIB
Jajaran direksi PT Bank Syariah Mandiri atau Mandiri Syariah dalam paparan kinerja 2018 di Wisma Mandiri, Jakarta, Senin (11/3/2019). KOMPAS.com/AMBARANIE NADIAJajaran direksi PT Bank Syariah Mandiri atau Mandiri Syariah dalam paparan kinerja 2018 di Wisma Mandiri, Jakarta, Senin (11/3/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Syariah Mandiri atau Mandiri Syariah (BSM) masih berupaya menggenjot penyaluran kredit perumahan rakyat yang masih belum mencapai target. Tahun 2018, pertumbuhan penyaluran KPR masih di bawah 10 persen.

"Pertumbuhan pertahun sekitar 8 persen, di griya (KPR) saja," ujar Direktur Finance and Strategy Ade Cahyo Nugroho di Wisma Mandiri, Jakarta, Senin (11/3/2019).

Cahyo mengatakan, rata-rata penyaluran KPR baru per bulan pada tahun lalu sebesar Rp 200 miliar-Rp 250 miliar atau sekitar Rp 3 triliun per tahun. Namun, saat ini Mandiri Syariah telah memperbaiki model bisnis untuk KPR. Untuk tahun ini, bank menargetkan penyaluran KPR tumbuh di atas 10 persen.

"Kita yakin tahun ini bisa lebih tinggi karena kita baru set up organisasi khusus griya. Overall targetnya double digit," kata Cahyo.

Secara keseluruhan, pembiayaan Mandiri Syariah sepanjang 2018 tumbuh 11,63 persen sebesar Rp 67,75 triliun. Pertumbuhan pembiayaan diiringi dnegan perbaikan kualitas yang tercermin dari penurunan NPF nett turun dari 2,71 persen pada 2017 menjadi 1,56 persen pada 2018.

Hal ini juga mendongkrak pertumbuhan laba yang diperoleh hingga akhir 2018, yakni Rp 605 miliar atau tumbuh 65,7 persen.

"Pertumbuhan sesuai dengan strategi yang yang fokus ke beberapa sektor. Dengan strategi itu kami yakin akan tumbuh lebih baik," kata Direktur Wholesale Banking Bank Syariah Mandiri Kusman Yandi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.