Jokowi: Saya Juga Pengusaha, Hanya Sudah Tidak Saya Urus...

Kompas.com - 21/03/2019, 21:45 WIB
Suasana deklarasi 10.000 pengusaha mendukung kemenangan Jokowi-Maruf di Istora Senayan, Jakarta, Kamis (21/3/2019). CHRISTOFORUS RISTIANTO/KOMPAS.comSuasana deklarasi 10.000 pengusaha mendukung kemenangan Jokowi-Maruf di Istora Senayan, Jakarta, Kamis (21/3/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Calon Presiden nomor urut 02 Joko Widodo mendatangi deklarasi dukungan oleh 10.000 pengusaha di Istora Senayan, Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (21/3/2019).

Dihadapan 10.000 pengusaha tersebut, Jokowi memaparkan beberapa pengalamannya sebelum akhirnya menduduki jabatan sebagai Presiden dalam 4,5 tahun terakhir. Dia mengatakan, sebelum akhirnya memutuskan untuk terjun ke dunia politik, dia telah terlebih dahulu menjadi pengusaha.

"Saya ingat saat itu sebelum jadi walikota saya pengusaha. Hanya sudah tidak saya urus," ujar Jokowi yang memiliki bisni mebel di kampung halamannya di Surakarta.

Baca juga: 10.000 Pengusaha Deklarasi Dukung Jokowi-Maruf, Sofjan Wanandi Bilang Kami Ingin yang Pasti-pasti Saja

Adapun lebih lanjut dirinya memamerkan pengalamannya menduduki posisi-posisi pemerintahan, mulai dari menjadi Walikota Surakarta selama dua periode kemudian menduduki posisi Gubernur Jakarta, hingga akhirnya menjabat Presiden.

"Pengalaman itu memberi keuntungan kepada saya mengelola kapal besar negara kita,"ujar dia.

Jokowi mengaku tak mudah bagi dirinya ketika dalam masa transisi dari pengusaha hingga aktif di dunia politik sebagai walikota. Setidaknya dia membutuhkan waktu dua tahun untuk menyesuaikan diri.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Nah kalah saya ngurus negara nggak ada pengalaman sebagai walikota tiba-tiba jadi presiden nggak tahu berapa tahun? Walikota aja dua tahun, apalagi Presiden? Artinya jangan diberikan yang masih coba-coba gitu lho,"ujar dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.