KILAS

Kementan Beri Bantuan Rp 590 Juta ke Petani di Pesisir Selatan

Kompas.com - 04/04/2019, 17:28 WIB
Bantuan senilai senilai Rp 590 juta diserahkan kepada sejumlah petani di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, Selasa (2/4/2019) Dok. KementanBantuan senilai senilai Rp 590 juta diserahkan kepada sejumlah petani di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, Selasa (2/4/2019)

KOMPAS.com - Kementerian Pertanian ( Kementan) melalui Direktorat Jendral (Ditjen) Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) menyerahkan bantuan senilai Rp 590 juta kepada sejumlah petani di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat.

Dalam rilis Kementan yang diterima oleh Kompas.com Kamis (4/4/2019), bantuan yang diserahkan adalah berupa bantuan alat mesin pertanian ( alsintan).

Adapun alsintan yang diberikan terdiri dari 12 unit traktor roda dua. Alsintan ini diberikan kepada Kelompok Tani Sawah Laweh, Kelompok Tani Sawah Jambak dari Nagari Taluak Sakato, dan Kelompok Tani Kapalo Koto dari Nagari Tuik. 

Lalu, dua unit cultivator  diberikan kepada Kelompok Tani Tabek Saiyo dari Nagari Koto Nan Tigo Selatan dan Kelompok Tani Harapan Tani dari Nagari Kambang Barat.

Selanjutnya, 13 unit pompa air diberikan kepada Kelompok Tani Ranau indah dari Nagari Taratak Tangah Lumpo, Kelompok Tani Gadih Basanai dari Nagari IV Koto Mudiek, dan Kelompok Tani Taman Jaya dari Nagari Sungai Nyalo.

Kemudian bantuan power thresher diberikan kepada Kelompok Tani Sikabu Indah dari Nagari Gunuang Bungkuak dan Kelompok Wanita Tani Lansano dari Nagari Koto VII.

Sisanya, berupa bantuan penyaluran pupuk bersubsidi, fasilitas dukungan kegiatan alsintan, fasilitas dukungan kegiatan pembiayaan pertanian, dan layanan dukungan manajemen upaya khusus (UPSUS).

Seluruh bantuan tersebut diserahkan oleh anggota IV Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia (RI) saat kunjungan kerja di Kecamatan Bungus Teluk Kabung, Kota Padang, Selasa (2/4/2019).

Direktur Jenderal (Dirjen) PSP Kementan, Sarwo Edhy yang hadir saat itu berharap bahwa bantuan alsintan tesebut dapat dimanfaatkan dengan sebaik mungkin.

"Semoga bantuan alsintan ini dimanfaatkan dengan baik sesuai fungsinya," ujar Sarwo.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X