Jelang Pemilu 2019, Cadangan Listrik 4 Daerah Ini di Bawah 30 Persen

Kompas.com - 12/04/2019, 16:36 WIB
Ilustrasi listrik KOMPAS / WAWAN H PRABOWOIlustrasi listrik

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan mengatakan, ada empat wilayah yang cadangan listriknya masih dibawah 30 persen jelang Pemilu 2019. Ketiga wilayah tersebut, yakni Gorontalo, Sulawesi Utara, Sumatera Utara, dan Aceh.

“Mungkin hampir seluruh provinsi cadangannya sudah 30 persen atau lebih, kecuali Sulawesi Utara, Gorontalo, Sumatra Utara dan Aceh. Tapi bukan shortage ya, cadangannya kurang sedikit, sekitar 20 persen aja cadangannya,” ujar Jonan saat mengunjungi Pusat Pengatur Beban (P2B) Jawa Bali di Depok, Jawa Barat, Jumat (12/4/2019).

Kendati cadangannya masih kurang, Jonan memastikan tak akan mengganggu penyelenggaraan pesta demokrasi pada 17 April nanti.

Baca juga: Jonan: Tahun Politik Tak Pengaruhi Penerimaan Negara dari Sektor Energi

“Enggak, cadangan itu sebenarnya untuk antisipasi kalau ada pemeliharaan, atau kebutuhan yang mendadak,” kata Jonan.

Jonan pun memastikan tak akan ada gangguan listrik yang berarti saat Pemilu 2019 nanti. Sebab, PLN telah menyiapkan strategi untuk memastikan pasokan listriknya aman.

“Kalau lihat kesiapannya, cadangan kapasitas juga dan layanan mestinya tidak ada banyak gangguan. Ini sampai proses perhitungannya, logistik pesta demokrasi selesai,” ucap dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.