Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ma'ruf Amin Akan Kembangkan "Dewi" dan "Dedi"

Kompas.com - 13/04/2019, 21:12 WIB
Mutia Fauzia,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Calon Wakil Presiden Nomor Urut 01 Ma'ruf Amin mengatakan akan mengembangkan desa-desa menjadi desa wisata dan desa digital yang disebut "dewi" dan "dedi".

Pengembangan desa tersebut dilakukan untuk pengembangan pengarus utamaan kesetaraan gender yang selama ini telah dilakukan pemerintah dalam bentuk penyaluran kredit Usaha Mikro dan Bank Wakaf Mikro.

"Saya tahu persis bahwasannya nasabah (UMI dan bank wakaf mikro) 100 persen perempuan. Dan ini upaya pemberdayaan bahkan sudah beribu ibu-ibu merasa tertolong dan mereka merasa bangga," ujar Ma'ruf Amin di Jakarta, Sabtu (13/4/2019).

"Oleh karena itu upaya ini akan terus kami bangun dan kami kembangkan dan di desa-desa ami akan menciptaan namanya dewi-dewi dan dedi-dedi, dewi itu desa wisata dan dedi adalah desa digital," ujar dia.

Tak hanya itu, Ma'ruf mengatakan dalam 5 tahun jika dirinya menjabat akan berupaya agar perempuan tidak hanya bergelut di bidang ekonomi tetapi juga menduduki posisi-posisi di pemerintahan.

Sementara Calon Presiden nomor urut 01 mengatakan, pemerintah telah mengembangkan program Mekaar melalui PT Permodalan Nasional Madani (PNM) untuk meningkatkan perekonomian perempuan.

"Dalam 4 tahun ini nasabah Mekaar sudah 4,3 juta, targetnya bisa 10 juta nasabahyang terdiri dari pedagang asongan, bakso, dan sebagainya," ujar Jokowi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com