Investor Saham Ini Terima Dividen Rp 16,5 Miliar dari Satu Emiten

Kompas.com - 23/04/2019, 06:36 WIB
Lo Kheng Hong (kiri)

KONTAN/CHEPPY A MUCHLISLo Kheng Hong (kiri)

JAKARTA, KOMPAS.com - Konglomerat mendapatkan cuan dari dividen sudah biasa. Yang luar biasa itu, individu yang mendapatkan cuan dividen dengan rasa konglomerat.

Investor saham Lo Kheng Hong merupakan individu tersebut. Dia memperoleh dividen dari PT Petrosea Tbk (PTRO) belasan miliar rupiah.

" Dividen yang akan saya terima Rp 16,5 miliar," ujar pria yang juga akrab disapa LKH itu kepada Kontan.co.id, Senin (22/4).

Nilai tersebut naik lebih dari dua kali lipat dibanding dividen yang diterima sebelumnya. Tahun lalu, saat emiten anggota indeks KOMPAS100 ini membagikan dividen tahun buku 2017, LKH "hanya" mendapatkan Rp 7,12 miliar.

Baca juga: Kata Lo Kheng Hong, Salah Satu Crazy Rich Indonesians: Harta Karun Terbesar Ada di Pasar Modal

Perolehan tersebut tak lepas dari posisi LKH di PTRO. Berdasarkan daftar pemegang saham Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) per 16 April 2019, LKH merupakan pemilik 137,84 juta atau setara 13,67 persen saham PTRO.

Kepemilikannya itu menjadi yang terbesar kedua setelah PT Indika Energy Tbk (INDY). INDY merupakan pemegang 704,01 juta atau setara 69,8 persen saham PTRO.

Sementara, seperti diketahui, PTRO baru saja mengumumkan pembagian dividen tahun buku 2018. Nilainya 8,72 juta dollar AS atau setara 38 persen dari laba bersih tahun lalu, 22,96 juta dollar AS. Adapun nilai dividen per sahamnya 0,00865 dollar AS.

Jika dirupiahkan, nilai dividen per sahamnya sekitar Rp 121,86. Ini dengan asumsi rupiah berada di level Rp 14.088 per dollar Amerika Serikat (AS). Nilai per saham ini yang dikalikan dengan kepemilikan saham LKH di PTRO. Hasilnya, duit belasan miliar masuk kantong pribadi.

Usut punya usut, kepemilikan LKH di PTRO saat ini juga rupanya bertambah. Tahun lalu, saat LKH meraup Rp 7,12 miliar dari dividen PTRO senilai 0,0045 dollar AS, kepemilikannya di PTRO masih sekitar 11 persen.

Baca juga: Musim Bagi-bagi Dividen Telah Tiba

Sehingga, selain kenaikan nilai dividen per saham PTRO, ada faktor lain yang membuat perolehan dividen LKH kali ini naik 131 persen. Faktor ini adalah, kombinasi antara kesabaran dan konsep salah harga.

LKH sejatinya bisa saja sedikit memetik hasil investasinya tersebut. Kalau dia beli mobil Rp 1 miliar saja sudah dapat mobil tergolong mewah, itu pun masih sisa Rp 15 miliar.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X