Dalam Seminggu, Kekayaan 6 Miliarder Ini Melonjak Rp 184,4 Triliun

Kompas.com - 28/04/2019, 16:23 WIB
Mark Zuckerberg memberikan sambutan dalam upacara wisuda ke-366 Universitas Harvard pada Kamis (25/5/2017). Paul Marotta / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / AFP Mark Zuckerberg memberikan sambutan dalam upacara wisuda ke-366 Universitas Harvard pada Kamis (25/5/2017).

NEW YORK, KOMPAS.com - Dalam setahun terakhir, Mark Zuckerberg mengalami masalah dengan perusahaannya, Facebook. Namun, beberapa minggu belakangan nasib baik nampaknya memihak pada dirinya.

Kekayaan CEO Facebook ini melonjak 5,5 miliar dollar AS dalam sepekan. Sebagian besar dikarenakan investor merasa gembira dengan laba kuartal I-2019 sebesar 2,4 miliar dollar AS yang dibukukan oleh Facebook.

Seperti dikutip dari Forbes, Minggu (28/4/2019), total kekayaan pria berusia 34 tahun tersebut mencapai 71,3 miliar dollar AS, meningkat 20 miliar dollar AS jika dibandingkan dengan awal tahun ini. Zuckerberg kini menempati posisi sebaga orang terkaya nomor 5 di dunia, meningkat dari bulan Maret lalu, di mana dirinya menduduki peringkat ke-8.

Baca juga: Mark Zuckerberg Akan Belajar Mata Uang Digital, Untuk Apa?

Laporan pendapatan Facebook yang positif seakan menutupi sentimen negatif yang muncul lantaran Facebook harus membayar denda sebesar 5 miliar dollar AS kepada Komisi Perdagangan Federal setempat terkait masalah privasi.

Adapun keuntungan Zuckerberg pekan ini adalah yang terbesar, disusul oleh CEO Amazon Jeff Bezos dan tiga miliarder lain yang jika digabungkan kekayaan merkea meningkat hingga 13 miliar dollar AS dalam satu pekan atau setara sekira Rp 184,4 triliun.

Sehari setelah Facebook merilis laporan pendapatan kuartal pertama, Amazon mengumumkan laba kuartalan sebesar 3,6 miliar dollar AS, rekor tertinggi mereka sepanjang masa.

Baca juga: Bill Gates dan Jeff Bezos Masuk Klub Eksklusif 100 Miliar Dollar AS

Harga saham Amazon meningkat 2,2 persen dalam seminggu hingga Kamis (25/4/2019), menyebabkan kekayaan bersih Bezos naik 3,2 miliar dollar AS. CEO berusia 55 tahun tersebut memiliki 16 persen saham di Amazon, sehingga kekayaannya kini mencapai 157,8 miliar dollar AS.

Bezos mengumumkan awal bulan ini bahwa ia akan mentransfer sekitar 4 persen saham perusahaan kepada istrinya, MacKenzie, sebagai bagian dari penyelesaian perceraian mereka, yang diperkirakan akan selesai sekitar awal Juli. Dengan perceraian tersebut, Bezos masih akan menjadi orang terkaya di dunia sementara MacKenzie akan menjadi wanita terkaya ketiga di dunia.

Baca juga: Jeff Bezos: Kita Tak Bisa Pilih Passion yang Kita Inginkan

Adapun kekayaan bersih mantan CEO Microsoft Steve Ballmer meningkat 1,7 miliar dollar AS dalam sepekan lantaran harga saham raksasa perangkat lunak itu melejit 4,7 persen. Laba kuartalan Microsoft melebihi ekspektasi, yaitu 30,6 miliar dollar AS, didorong bisnis cloud komersialnya, yang telah tumbuh 41 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Ballmer sebagai pemegang saham individual terbesar Microsoft pun saat ini memiliki nilai kekayaan bersih mencapai 48,3 miliar dollar AS. Sementara pendiri dan mantan CEO Microsoft Bill Gates hanya memiliki lebih dari 1 persen saham, setelah menjual atau memberikan sebagian besar sahamnya di Microsoft.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber Forbes
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X