Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapan Ibu Kota Negara Akan Pindah? Ini Target Pemerintah

Kompas.com - 30/04/2019, 14:08 WIB
Yoga Sukmana,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Wacana pemindahan Ibu Kota Negara kembali menghangat setelah Presiden Joko Widodo menyetujui opsi memindahkan Ibu Kota ke luar Jawa.

Belajar dari negara lain, pemindahan Ibu Kota membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Meski begitu pemerintah punya target waktunya.

"Mengenai target ada 2 opsi. Proses penyiapannya harus mulai dari perencanan kota, grand desain, lalu implementasi," ujar Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Bambang Brodjonegoro, Jakarta, Selasa (30/4/2019).

"Tanah yang tersedia harus bisa benar-benar dipegang dan bisa dilakukan kegiatan di atasnya. Kami menyiapkan rencana ada yang 5 tahun, ada yang 10 tahun," sambung dia.

Bila tak ada aral melintang, maka proses awal rencana pemindahan Ibu Kota akan mulai dilakukan pada 2020. Itu artinya, kemungkian Ibu Kota baru akan pindah pada 2025 atau 2030.

Untuk opsi pemindahan Ibu Kota 5 tahun kata Bambang, maka pengerjaannya menjadi lebih cepat dan otomatis kebutuhan pembiayaan akan lebih besar dari opsi kedua yakni 10 tahun.

"Kalau ditanya kenapa negara lain lebih panjang ya karena tentunya mereka persiapannya lebih panjang," kata dia.

"Dan kami ingin agar beban yang sekarang dipegang Jakarta bisa segera dikurangi dengan memindahkan pusat pemerintahan di Ibu Kota baru," sambung dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com