The Fed Pertahankan Suku Bunga Acuan di 2,25-2,50 Persen

Kompas.com - 02/05/2019, 06:31 WIB
Gedung Federal Reservecnn money Gedung Federal Reserve

WASHINGTON, KOMPAS.com - Seperti yang sudah ditebak, The Federal Reserve mempertahankan suku bunga stabil dan mengisyaratkan untuk tidak menyesuaikan suku bunga dalam waktu dekat. Bunga The Fed tetap di kisaran 2,25-2,50 persen.

“Kami pikir sikap kebijakan kami sudah tepat saat ini; kami tidak melihat alasan kuat untuk memindahkannya ke kedua arah,” kata Ketua Fed Jerome Powell dalam konferensi pers setelah berakhirnya pertemuan kebijakan dua hari, Rabu (1/5/2019) seperti dikutip Reuters dari Kontan.co.id.

The Fed menyebutkan pasar tenaga kerja AS tetap kuat dan aktivitas ekonomi naik pada tingkat yang solid dalam beberapa pekan terakhir sehingga kenaikan inflasi AS pada akhirnya masih memungkinkan terjadi.

Itu sebabnya, The Fed memutuskan mempertahankan suku bunga di level saat ini.

"Secara keseluruhan, saya melihat kami di jalan yang bagus untuk tahun ini," kata Powell.

Beberapa hari sebelumnya Presiden AS Donald Trump meminta The Fed menurunkan suku bunga dan mengambil langkah-langkah lain untuk merangsang ekonomi.

Perhatian utama The Fed saat ini adalah tingkat inflasi AS yang saat ini masih jauh dari target 2 persen. Data terbaru inflasi sebesar 1,6 persen.

Inflasi ini akan menjadi masalah jika rumah tangga dan pebisnis memiliki keraguan tentang kekuatan ekonomi dan kurang mau menghabiskan dan berinvestasi.

Powell mengatakan penurunan inflasi inti saat ini kemungkinan besar sebagian besar disebabkan oleh faktor sementara, dan dia memperkirakan inflasi akan naik kembali ke target 2 persen. (Khomarul Hidayat)

 

Berita ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: The Fed mempertahankan suku bunga di level 2,25%-2,50%

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X