Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dukung 10 Bali Baru, AirAsia Resmikan Hub di Lombok

Kompas.com - 02/05/2019, 18:08 WIB
Akhdi Martin Pratama,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Maskapai AirAsia meresmikan pusat operasi (hub) terbarunya di Lombok, Nusa Tenggara Barat, Indonesia. Lombok merupakan hub kelima AirAsia di Indonesia setelah Jakarta, Surabaya, Medan, dan Bali.

Peresmian hub Lombok ini merupakan bagian dari upaya AirAsia dalam mendukung inisiatif Pemerintah untuk menyukseskan Lombok sebagai salah satu dari 10 Bali Baru.

Menteri Pariwisata Republik Indonesia, Arief Yahya mengatakan, dalam mengembangkan destinasi pariwisata dirinya selalu menggunakan rumus 3A: Atraksi, Akses, Amenitas.

“Pilihan AirAsia untuk menjadikan Lombok sebagai hub sudah tepat, karena Lombok dengan Mandalikanya merupakan salah satu dari 10 Bali Baru. Pertumbuhan jumlah wisman di Lombok pun tergolong cepat, karena potensi alam dan budayanya yang mendukung,” ujar Arief dalam keterangan tertulisnya, Kamis (2/5/2019).

Baca juga: AirAsia Batal Bentuk Unit Bisnis di Vietnam

Sementara itu, Direktur Utama AirAsia Indonesia, Dendy Kurniawan menambahkan, peresmian yang dilakukan hari ini tidak hanya menandai berkembangnya konektivitas internasional dan domestik. Namun, juga turut menciptakan peluang kerja bagi masyarakat setempat, mendorong pertumbuhan pariwisata dan ekonomi pengunjung.

Menurut Dendy, berdasarkan data acuan Kementerian Pariwisata Republik Indonesia, Grup AirAsia tetap menjadi maskapai yang mendatangkan wisatawan mancanegara ke tanah air terbanyak dengan jumlah sekitar 3,2 juta kunjungan wisman atau sebesar 25 persen dari keseluruhannya sepanjang 2018.

“Dengan penempatan dua pesawat di hub Lombok, langkah strategis ini semakin menegaskan komitmen AirAsia untuk terus mendukung pariwisata Indonesia, khususnya Lombok sebagai bagian dari 10 Bali Baru,” kata dia.

Dalam peresmian tersebut, AirAsia sekaligus meluncurkan livery pesawat dengan desain yang didedikasikan guna mendukung promosi pariwisata Lombok. Desain livery istimewa ini menampilkan ikon-ikon pariwisata lokal, seperti Gunung Rinjani yang megah serta pesona bawah laut kepulauan Gili.

Pesawat Airbus A320 berkode registrasi PK-AXU ini akan melayani rute penerbangan langsung terbaru dari Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid Lombok menuju Perth, Australia mulai 9 Juni 2019?, serta beberapa rute domestik yang rencananya akan segera beroperasi, yaitu ke Jakarta, Yogyakarta, dan Bali.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com