Jasa Raharja Permudah Masyarakat Ajukan Santunan lewat Aplikasi JRku

Kompas.com - 03/05/2019, 14:16 WIB
Peluncuran aplikasi JRku di Kementerian BUMN, Jakarta, Jumat (3/5/2019). KOMPAS.com/AKHDI MARTIN PRATAMAPeluncuran aplikasi JRku di Kementerian BUMN, Jakarta, Jumat (3/5/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasa Raharja (persero) meluncurkan aplikasi bernama JRku. Dengan aplikasi ini, masyarakat dapat mengajukan santunan secara online, mengecek masa berlaku SWDKLLJ yang tertera di STNK kendaraan dan dapat melaporkan apabila ada kecelakaan alat angkutan umum.

Khusus bagi Perusahaan Otobus (PO) melalui aplikasi JRku ini bisa langsung menyetorkan iuran wajib yang dipungut dari penumpang. Dalam aplikasi ini, Jasa Raharja menggandeng PT BNI (Persero) Tbk, PT Angkasa Pura l (Persero), PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), PT Pelni dan Perum Damri.

“Melalui Kerjasama Host To Host Data yang dibangun Jasa Raharja dapat Iebih memastikan keterjaminan bagi para penumpang, mempermudah pengelolaan data, variatif dan komplek sehingga dapat mengetahui potensi pondapatan sektor iuran Wajib dan memperoleh data pembanding terhadap data-data yang selama ini dikirimkan oleh operator alat angkutan umum,” ujar Direktur Utama Jasa RaharjaBudi Rahardjo di Jakarta, Jumat (3/5/2019).

Selain itu, menurut Budi, perjanjian kerja sama ini juga bertujuan untuk pemanfaatan big data bagi para pihak, analisis dan evaluasi terhadap data data yang dimiliki dan sebagai bahan pertimbangan untuk pengambilan keputusan. Serta dapat memberikan kepastian keterjaminan bagi penumpang pengguna alat angkutan umum.

Dengan menggandeng BNI melalui kerjasama Layanan Integrated Cash Management, hal itu dapat memudahkan opetator-operator alat angkutan umum untuk menyetorkan luran Wajib yang dipungut melalui Virtual Account.

“Layanan ini juga untuk mempercepat proses administrasi penyerahan Santunan kepada Korban/keluarga korban dan penggantian Biaya Perawatan Rumah Sakit sehingga dapat menunjang PRIME (Proaktif, Ramah, Iklas, Mudah dan Empati),” kata Budi.

Sepanjang kurtal I 2019, Jasa Raharja telah menyerahkan santunan sebesar Rp.614,41 milir dengan aktivitas yang naik sebesar 5,5 persen dibanding periode yang sama tahun sebelumnya yang mencapai Rp.582,11 milliar.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X