Saat Sri Mulyani Minta Jajarannya Razia Kantong Plastik di Kantor...

Kompas.com - 08/05/2019, 15:36 WIB
Menteri Keuangan Sri Mulyani di dalam MRT, Jakarta , Selasa (6/3/2019) Dokumen Biro KLI Kementerian KeuanganMenteri Keuangan Sri Mulyani di dalam MRT, Jakarta , Selasa (6/3/2019)

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengajak semua jajaran Kementerian Keuangan peka dan lebih peduli terhadap lingkungan.

Salah satunya yakni dengan melakukan diet plastik atau mengurangi pengunaan plastik seperti botol plastik dan kantong plastik sekali pakai.

"Di dalam kantor Kemenkeu paling tidak di kantor saya, di gedung kita, tidak ada lagi minuman dengan botol plastik," ujarnya dalam acara DhawaFest 2019 di Kementerian Keuangan, Jakarta, Rabu (8/5/2019).

"Saya harap di semua (gedung) eselon I Kementerian Keuangan melakukan hal itu. Kalau masih yang menggunakan plastik, ada laporkan ke saya," sambung dia.

Baca juga: Mudahnya Memulai Diet Sampah Plastik...

Secara khusus mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu bahkan meminta jajarannya melakukan razia di bazar acara DhawaFest 2019 yang digelar di Kementerian Keuangan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Saya harap di Dhawa Festival ini enggak ada kantong plastik. Kalau ada tolong dirazia diganti dengan kantong biasa," ucap Sri Mulyani.

Perempuan yang kerap disapa Ani itu menuturkan, diet plastik memang hal yang kecil namun simbolis. Bila hal itu dilakukan secara konsisten maka akan mengubah kebiasaan menggunakan plastik.

Seperti diketahui, kantong plastik merupakan bahan yang sulit terurai. Akibatnya, sampah plastik kerap menghadap di laut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.