Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saat Sri Mulyani Minta Jajarannya Razia Kantong Plastik di Kantor...

Kompas.com - 08/05/2019, 15:36 WIB
Yoga Sukmana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengajak semua jajaran Kementerian Keuangan peka dan lebih peduli terhadap lingkungan.

Salah satunya yakni dengan melakukan diet plastik atau mengurangi pengunaan plastik seperti botol plastik dan kantong plastik sekali pakai.

"Di dalam kantor Kemenkeu paling tidak di kantor saya, di gedung kita, tidak ada lagi minuman dengan botol plastik," ujarnya dalam acara DhawaFest 2019 di Kementerian Keuangan, Jakarta, Rabu (8/5/2019).

"Saya harap di semua (gedung) eselon I Kementerian Keuangan melakukan hal itu. Kalau masih yang menggunakan plastik, ada laporkan ke saya," sambung dia.

Baca juga: Mudahnya Memulai Diet Sampah Plastik...

Secara khusus mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu bahkan meminta jajarannya melakukan razia di bazar acara DhawaFest 2019 yang digelar di Kementerian Keuangan.

"Saya harap di Dhawa Festival ini enggak ada kantong plastik. Kalau ada tolong dirazia diganti dengan kantong biasa," ucap Sri Mulyani.

Perempuan yang kerap disapa Ani itu menuturkan, diet plastik memang hal yang kecil namun simbolis. Bila hal itu dilakukan secara konsisten maka akan mengubah kebiasaan menggunakan plastik.

Seperti diketahui, kantong plastik merupakan bahan yang sulit terurai. Akibatnya, sampah plastik kerap menghadap di laut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com