Mau Dapat Tiket Pesawat Murah? Simak 7 Tips Ini

Kompas.com - 13/05/2019, 17:05 WIB
Ilustrasi: Sejumlah maskapai nasional terparkir di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman, Balikpapan Kalimantan TimurKOMPAS.com/ Bambang P. Jatmiko Ilustrasi: Sejumlah maskapai nasional terparkir di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman, Balikpapan Kalimantan Timur

JAKARTA, KOMPAS.com - Isu tiket pesawat sedang hangat-hangatnya. Apalagi kalau bukan karena harganya yang maha,l jelang musim mudik lebaran 2019.

Meski begitu, jangan dulu pesimis. Sebab Anda masih bisa mendapatkan harga tiket diskon atau promo loh yang diberikan maskapai.

Ada beberapa tips mendapatkan tiket pesawat lebih murah. Berikut lengkapnya:

1. Manfaatkan Medsos

Sudah saatnya Anda untuk follow akun-akun media sosial, memantau website atau aplikasi maskapai. Sebab beberapa maskapai kerap memberikan informasi promo pada awal pekan.

Head of Communication AirAsia Indonesia, Baskoro Adiwiyono mengatakan, pihaknya kerap menggelar promo dan biasanya diumumkan setiap hari Senin.

"Jadi setiap Senin pagi merupakan salah satu waktu yang tepat untuk mengecek promo," kata Baskoro, Senin (13/5/2019).

2. Hindari Long Weekend

Bila anda punya rencana traveling atau bepergian menggunakan pesawat, maka hindarilah waktu berangkat akhir pekan, long weekend atau hari libur nasional.

Sebab biasanya harga tiket yang dijual maskapai hari itu akan lebih mahal dibanding hari biasa.

3. Coba Low Season

Anda merencanakan traveling menggunakan pesawat saat masa peak season? Bersiaplah untuk membeli tiket pesawat yang mahal karena permintaan yang tinggi.

Jadi cobalah untuk bepergian saat low season atau musim sepi bila ingin harga tiket pesawat lebih murah. Sebab di saat itulah maskapai menurunkan harga tiketnya

4. Jadilah Member

Cobalah untuk mengikuti program rewards atau benefit maskapai dengan bergabung program membership maskapai.

Sebab dengan itu Anda bisa memiliki kesempatan khusus untuk mengakses promosi harga tiket yang murah dan lebih dahulu sebelum dibuka untuk publik.

5. Beli Jauh-jauh Hari

Waktu pemesanan tiket penerbangan bisa mempengaruhi harga tiket Anda. Cobalah ingin membelinya jauh hari untuk mendapatkan tiket murah.

Karena semakin dekat hari keberangkatan, harga tiket akan semakin mahal.

6. Mencoba Destinasi yang Belum Populer

Bila harga tiket pesawat terlalu mahal untuk rute tertentu, maka mencoba traveling ke tempat lain bisa jadi opsi.

Cobalah memilih dan merencanakan eksplorasi rute ataupun destinasi lain yang belum popular. Sebab biasanya maskapai menawarkan tiket murah untuk destinasi yang belum populer tersebut.

7. Rute Baru

Sejumlah maskapai kerap membuka rute-rute penerbangan baru setiap tahunnya. Bisa Anda seorang traveling, maka bisa mencoba terbang ke rute tersebut. Biasanya maskapai akan memberikan harga tiket yang lebih murah.




Close Ads X