Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiket Pesawat Mahal? Tenang, Tarif Kereta untuk Mudik Sama dengan Tahun Lalu

Kompas.com - 09/05/2019, 07:07 WIB
Ambaranie Nadia Kemala Movanita ,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak orang yang mengeluhkan tingginya tarif pesawat sejak awal 2019. Jika di hari biasa saja sudah bikin kantong jebol, sudah terbayang berapa harga tiket pesawat jelang Lebaran. Tahun ini, kenaikan harga tiket pesawat bisa naik lebih dari separuh harga tahun lalu.

Hal ini membuat mudik terasa memberatkan. Tapi, tenang saja. Anda bisa menggunakan moda alternatif seperti kereta untuk pulang ke kampung tercinta.

Harga tiket kereta di bulan Ramadhan hingga Lebaran tahun ini tak ada perbedaan dengan tahun lalu. Kepala Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Edy Kuswoyo pun menegaskan hal tersebut.

"Tidak ada kenaikan harga tiket dari tahun lalu," kata Edy kepada Kompas.com, Rabu (8/5/2019).

Baca juga: Tiket Pesawat Mahal, Masyarakat Pilih Bus Saat Mudik

Sejumlah pengguna moda kereta api untuk mudik juga menyatakan tak ada perbedaan harga tiket dari taun lalu dengan tahun ini. Meski ada kenaikan harga dibandingkan biasanya, mereka menganggapnya hal yang biasa terjadi jelang Lebaran.

"Sama saja, sekitar Rp 750.000. Enggak ada kenaikan signifikan, ya segitu saja terus," ujar salah satu pengguna kereta api jarak jauh, Tri Sulis.

Ia biasanya menggunakan kereta api untuk kembali dari kampungnya di Malang ke Jakarta.

Hal senada juga disampaikan Agam yang menjadi pelanggan setia kereta api setiap pulang ke rumahnya di Brebes. Biasanya, Agam memesan tiket kereta jauh-jauh hari, sekitar 1,5 bulan sebelum Lebaran.

"Harga normal itu Rp 180.000 untuk eksekutif. Kalau Lebaran jadi Rp 300.000. Kayak begitu terus (setiap mudik)," kata Agam.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com