Perbaikan Kualitas Masyarakat Pesisir Bontang Raih Penghargaan Internasional

Kompas.com - 27/05/2019, 23:50 WIB
Ilustrasi nelayanKOMPAS/TOTOK WIJAYANTO Ilustrasi nelayan

JAKARTA, KOMPAS.com - Program perbaikan kualitas hidup masyarakat pesisir di Bontang, Kalimantan Timur memperoleh penghargaan Asia Responsible Enterprise Awards (AREA) pada ajang The International CSR Summit (ICS) 2019. Penyerahan penghargaan dilakukan di Taiwan.

Program tersebut dijalankan oleh PT Pupuk Kalimantan Timur. Program Better Living in Malahing dinilai berhasil memberikan wajah baru masyarakat pesisir Bontang, yang kerap diasosiasikan sebagai masyarakat kumuh dan tertinggal.

Tak hanya peningkatan kualitas lingkungan dan kesehatan, berbagai program pemberdayaan serta perbaikan pola pikir masyarakat pesisir Malahing, menjadi salah satu faktor utama diraihnya penghargaan.

Baca juga: Pupuk Kaltim Optimalisasikan Kinerja Lingkungan

Pupuk Kaltim dinilai memiliki komitmen tinggi mengubah kehidupan masyarakat pesisir menjadi lebih baik, utamanya dari 5 aspek yang direalisasikan program Better Living in Malahing, di antaranya bidang ekonomi, lingkungan, pendidikan, kesehatan dan perbaikan infrastruktur,” terang Dwi Pudyasmoro, Manajer CSR Pupuk Kaltim dalam pernyataannya, Senin (27/5/2019).

Program Better Living in Malahing digagas pada 2016. Langkah awal adalah perbaikan infrastruktur dan pemukiman, hingga berkembang pada 4 bidang lain dalam dua tahun.

Gagasan tersebut berawal dari kondisi masyarakat Malahing yang kesulitan mendapat air bersih, hingga tidak adanya pasokan listrik yang memadai. Lingkungan yang kumuh pun berpotensi mencemari ekosistem laut.

Pupuk Kaltim memberikan solusi penyediaan air bersih melalui teknologi Sand Filter, yakni inovasi penyaringan air hujan menjadi air bersih layak pakai. Terkait ketersediaan pasokan listrik, perseroan memberikan solusi biodiesel dari minyak jelantah untuk bahan bakar genset, sebagai pengganti solar.

Baca juga: Pupuk Kaltim Bangun Pabrik NPK Baru Mulai 2018

Dari sisi kesehatan dan lingkungan, dilakukan berbagai pendampingan serta pembekalan. Pun nelayan Malahing diberikan beragam pelatihan serta bantuan peralatan untuk mendorong produktivitas melaut, hingga tata cara budidaya sumberdaya kelautan yang kini juga diterapkan.

Ada juga pelatihan mengolah rumput laut menjadi aneka makanan dan minuman, serta inovasi replika olahan rumput laut seperti sabun, lulur dan masker. Produk olahan hasil pelatihan juga difasilitasi promosi pada pameran skala lokal maupun nasional.

Asia Responsible Enterprise Awards (AREA) diinisiasi Enterprise Asia, organisasi nonpemerintah (NGO) yang fokus mempromosikan daya saing dan pengembangan kewirausahaan berkelanjutan, sebagai upaya mengangkat status ekonomi masyarakat Asia.

 

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X